Luxuo

Arloji Audemars Piguet Royal Oak: Tahun Emas

luxuo-id-audemar-piguet-royal-oak
Jam tangan Audemar Piguet Royal Oak

Sang Royal Oak telah diabadikan dengan sejarah horologi seiring arloji tersebut membuktikan kemanjuran baja dalam jam tangan sport mewah. Bahkan, jam tangan tersebut hanya tersedia dalam baja pada tahun-tahun awal produksinya, karena bahannya adalah inti dari identitas Royal Oak. Referensi dari emas akhirnya diperkenalkan pada 1977, dan ketiga warna campuran emas sejak saat itu telah digunakan, tergantung pada model jam tangan spesifik.

Emas kuning, akan tetapi, telah absen dari koleksi Royal Oak untuk beberapa lama… hingga tahun ini. Pengenalan kembali dari Audemars Piguet akan varian warna ini mungkin terlihat aneh, dengan statusnya yang kurang bergaya ketimbang variasi merah muda dan putihnya, namun kesukaan pabrik tersebut untuk melawan arus memang terkenal – kualitas inilah yang melahirkan Royal Oak.

luxuo-idaudemar-piguet-royal-oak-caseback
Jam tangan Audemar Piguet Royal Oak

Royal Oak Perpetual Calendar adalah satu dari model yang menerima ekstensi koleksi tersebut dalam emas kuning. Permukaan atas dari pahatan, lug, dan rantai gelangnya semua disapu vertikal, dan memberikan jalan pada permukaan miring polesan sebelum kembali ke sayap yang vertikal. Kombinasi dari berbagai penyelesaian yang berbeda itu dengan cerdik menonjolkan kasing dan gelang yang bersisi; bezel oktagonal yang membulat, sebuah desain tetap dari Royal Oak, adalah menonjol karena perawatan permukaan. Pemutar warna biru dingin menyandang Grande Tapisserie guilloche khas pabrik tersebut menyeimbangkan kesan hangat dari kasing dan gelangnya. Dari situ, tiga sub-dial memberikan informasi dari kalender kekal, dimana yang keempat pada pukul enam memiliki tampilan astronomi fase bulan, yang membutuhkan koreksi hanya sekali setiap 125 tahun dan 317 hari. Mingguan ditandai dengan ‘tangan’ putih yang diletakkan ditengah, yang menunjukkan ke arah penanda di flange.

Jam tersebut bertenaga caliber 5134 Audemars Piguet, versi sedikit lebih besar dari kaliber ultra-tipis 2120 bertujuan untuk memberikan tampilan lebih pas untuk kasing 41mm. Dengan ketebalan 4.31mm, pergerakan baru tersebut berhasil menjaga ketinggian kasing jam tangan pada 9.5 mm.

Cerita ini juga tersedia dalam bahasa Inggris. Baca di sini: Audemars Piguet Royal Oak Watch: Golden Age