Luxuo

Inspirasi Gaya Busana ‘Gentleman’ dari Pekan Spring Summer 2018

A-Classic-Gents-Key-Takeaways-from-Spring-Summer-2018-Menswear-Brands-We-Love-5-930x523

Pekan peragaan busana pria musim Spring/Summer 2018 baru saja berlalu tapi ada beberapa hal yang dapat diambil buat jadi inspirasi. Di antaranya tidak hanya suguhan koleksi dari label ternama, tapi juga bagiamana mengandalkan pilihan berbusana.

Satu hal yang pasti, jauhkan diri dari sikap sinisme, dan mulai berpikiran terbuka. Dan tidak ada salahnya mencoba terapkan sejumlah trik berikut yang dilansir dari Luxuo.com ini buat tampilan klasik, berkelas dan memberi perspektif atau kesan berbeda tahun ini.

1: Latihan fisik, khususnya bagian kaki 

Tampil menarik tidak hanya mengandalkan wajah atau bisep, lengan atau dada bidang saja. Sudah bukan rahasia umum lagi, baik bagi para model pria atau bahkan perempuan sekali pun, bagian tubuh paling penting dan seksi serta dapat menentukan atraktif atau bukan, adalah pantat. Latihan kaki kemudian menjadi penting untuk membentuknya sempurna.

“Satu jam di gym sama berharganya dengan dua jam di tempat tukang jahit,” – The Monsieur

Jadi, kenapa tidak menghabiskan waktu untuk latihan kaki dan pantat? Ini menjadi penting mengingat saat latihan di pusat kebugaran latihan ini kerap diabaikan, karena butuh perhatian dan cukup keras. Latihan seperti squat, deadllift dan latihan kaki lainnya butuh fisik yang kuat. Terkadang usai latihan ini badan terasa nyeri atau kadang tak nyaman. Namun, daripada punya kaki seperti bocah, ada baiknya tidak melewatkan sama sekali latihan kaki ini.

A-Classic-Gents-Key-Takeaways-from-Spring-Summer-2018-Menswear-Brands-We-Love-1-930x465

2: Mengakali tampilan streetwear

Kebanyakan pria mungkin lebih suka mengenakan sneaker dan sepatu olahraga seperti Adidas, Stussy atau Supreme. Namun, ada saatnya ketika suatu kali seorang pria melihat ke cermin dan mempertanyakan pada dirinya lagi, apakah masih cocok mengenakan sepatu seperti anak remaja? Di usia 25 tahun, adalah saat di mana seseorang menyadari mengenakan busana dewasa dan berhenti mengendarai skuter razor yang justru membuat tampak kekanak-kanakan.

Salah satu kunci untuk mengakali streetwear, beberapa label punya pilihan koleksi yang menarik dibanding lainnya. Dalam beberapa waktu terakhir, Stussy membuat tampilan orang dewasa seperti orang yang tak tahu bagaimana berbusana. Di poin lainnya, ada juga streetwear yang berupaya untuk tampil berkelas, tapi gagal, Louis Vuitton x Supreme misalnya, cool tapi tidak classy. Dari catatan itu dapat dikatakan pilihan berbusana bisa membuat seseorang naik kelas dengan memadukan misalnya yang riuh dengan padanan yang kalem. Gary ‘Eggsy’ Unwin menghindari tampilan campur aduk ini, dan memilih yang aman seperti polo shirt dan denim. Jika pun ingin tampil riuh, pilih satu garmen saja, dan padanannya yang kalem.

A-Classic-Gents-Key-Takeaways-from-Spring-Summer-2018-Menswear-Brands-We-Love-4-930x698

Tips 3: Hitam selalu jadi andalan

Ya, hitam selalu bisa jadi andalan untuk musim apapun. Pertama, hitam membuat tampilan tampak ramping, karena hitam tak membuat bayangan seperti warna lainnya ketika melekat pada badan.

Beberapa desainer ternama sebut saja Karl Lagerfeld hingga Tom Ford kerap memilih hitam untuk menunjukkan kreativitas mereka daripada koleksi yang ada di lemari pakaian.

Sejumlah desainer juga kerap mengungkapkan pilihan andalan mereka akan hitam. Gianni Versace, menyebutkan: “Hitam adalah elegan dan simplicity.” Yves Saint Laurent: “Hitam simbol kombinasi seni dan fesyen. Karl Lagerfeld: “Hitam adalah warna yang cocok bagi siapapun. Dengan hitam, kamu aman.”

A-Classic-Gents-Key-Takeaways-from-Spring-Summer-2018-Menswear-Brands-We-Love-3-930x465

Tips 4: Pastikan tahu topi yang cocok

Seseorang dapat mengenakan topi dan tampak modis. Dari baseball cap hingga fedora, aksesori di atas kepala ini bisa jadi memberikan penampilan yang berkesan atau malah sebaliknya jika tidak tepat akan membuat seluruh tampilan membosankan. Oleh karenanya tahu pilihan topi yang cocok, gaya klasik, jika tidak cocok pakai panama misalnya jangan dipaksakan.

Topi mesti dikenakan dengan percaya diri. Jika memang harus mengenakannya, maka pilih yang tepat. Aturan mainnnya, topi yang lebar atau besar cocok buat kepala yang juga besar.

A-Classic-Gents-Key-Takeaways-from-Spring-Summer-2018-Menswear-Brands-We-Love-14-930x463

Tips 5: Beberapa band punya gaya sporty atau atleisure yang bagus, Zegna misalnya

Desainer Alessandro Sartori dari Zegna bisa dikatakan salah satu yang bertangan dingin. Ketika 2003, ia menjadi direktur kreatif Z Zegna di Ermenegildo Zegna dan membuat gebrakan. Pada 2011 ia menjadi direktur artistik Berluti yang membuat label ini naik level. Awal 2016 lalu, Sartori kembali ke Zegna dan membuat perubahan

Ia menawakan sesuatu yang menarik dengan tren athleisure, baju olahraga yang juga bisa buat keseharian dan masih bisa tampil keren. Bukan celana ketat untuk yoga atau denim joggers, Zegna menyuguhkan koleksi yang klasik tapi berkelas buat pria dewasa. Itu dapat dilihat dari koleksi kolaboasinya dengan Maserati Multi70.

A-Classic-Gents-Key-Takeaways-from-Spring-Summer-2018-Menswear-Brands-We-Love-151-930x439

Tips 6: Pakai putih kapan saja dan di mana saja

Pakaian serba putih, bukan hanya untuk hadir di pemakaman atau selalu berkesan membosankan. Sesekali keluar dengan tampilan putih ini bisa jadi tak kalah menariknya. Namun, triknya mestilah tidak berantakan dan berkerut di sana-sini. Ambil contoh gaya busana rapih dan berkelas ala Tom Wolfe dan Mark Twain. BIsa padukan kaos v-neck untuk saat bersantai di pantai atau blazer putih yang dipadu denim gelap untuk acara makan malam resmi. Jas putih juga bisa untuk hadir di acara fomal lainnya.