Luxuo

Ferretti Group Luncurkan Yacht Riva 100 Corsaro di Hong Kong

RIVA 100 Corsaro
RIVA 100 Corsaro

Mendengar nama Riva, seorang yang menggemari kapal pesiar pastinya sudah tak asing lagi. Label tersebut identik dengan kapal pesiar berkualitas, baik performa maupun kemampuannya.

Riva bisa saja mengawali kiprahnya dengan memperbaiki kapal di Sarnico, di atas Lake Iseo pada 1842, akan tetapi kesuksesannya dari generasi ke generasi membuat Riva menjadi brand yang identik dengan excellent dan style.

Ketika Riva mengumumkan akan meluncurkan keluaran barunya untuk kali pertama di dunia, brand ini memilih Hong Kong. Apa alasannya?

Sejarah Riva sendiri dan identitasnya memang ada di Italia. Namun, Ferretti Group menjadi label besar di Asia sejak membuka cabangnya di Asia Pasifik pada 2013 lalu, tak lama setelah Shandong Heavy Industry mengambil alih Group pada 2012. Sejak itu pula, Shandong menginvestasikan banyak bujet untuk pengembangan Ferretti, dan makin pesat perkembangannya di Asia.

Stefano de Vivo, Chief Commercial Officer Ferretti Group mengatakan ada sekitar 160 yacht dari Ferretti Group di Asia. “Kami akan menjaga dan mengawasinya, termasuk pelanggan kami, dari regional office dan melalui layanan pelanggan di Aberdeen, Hong Kong. Ferretti Group secara finansial menguat, yang berarti akan mampu berinvestasi untuk pengembangan lanjutan akan model yacht baru,” ungkapnya.

Stefano de Vivo mengingatkan publik bahwa ‘ini adalah 100 yacht terbesar di pasarnya” mengacu pada desain interiornya yang besar, kapasitas atau daya tampungnya yang juga besar, serta pengerjaan yang mempertimbangan estetik di hampir setiap sudut kapal.

Deck-image

Andalan kapal Riva ada pada detil, termasuk detil pada Riva 100 Corsaro. Tidak hanya menganggap detil yang ada sebagai bagian yang harus ada di atas sebuah kapal. Misalnya pada eksterior yang sekilas akan mirip anak panah berukuran besar yang menjadi area santai dan sosialisasi di atas dek. Lorong panjang dari bow ke arah bagian depannya menjadi satu kesatuan utuh yang membuat takjub. Riva menyebutnya ‘the arrowhead’ atau kepala anak panah dan itu sangat pas menunjukkan kesan Corsaro atau Corsair yang diusung.

Riva sebelumnya sukses saat mengusung Corsaro #1 yang dibawa dari Italia, dan pemiliknya asal Eropa hull #2 juga mesti dibawa ke Hong Kong untuk tahap penyelesaian.

De Vivo mengungkapkan bahwa ada tiga dari tujuh 100 Corsaro telah terjual di Asia. Peluncuran resmi Riva 100 Corsaro, meski dalam cuaca dingin Hong Kong, tetap membuat tampilan Riva mengesankan.

Bergaya Mediterania, yacht jenis ini akan membuat siapapun jatuh cinta pada pandangan pertama akan penampilannya yang besar, anggun dan membuat terpana.

Cross-beam-dining-for-eight-Poltrona-Frau-chairs-and-a-cocktail-balcony-on-the-port-side

Melangkah ke atas kapal akan mendapati lahan yang luas, tangga kembar yang mengarah ke atas dek yang juga lapang dan luas. Ruang kokpit dilengkap sofa berukuran besar, dan tempat duduk mengelilingi meja untuk delapan orang dan mengarah pada ruang tamu utama dengan sofa duduk yang mengarah pada televisi yang tergantung di bagian langit-langit. Ruang santai cukup nyaman dan atraktif, dengan posisi tv yang berada di atas dan bersanding dengan pemandangan laut lepas yang mengesankan. Melangkah lagi ke ruang makan ada meja dengan delapan kursi Poltrona Frau dan terhubung dengan balkon di bagian luarnya. Cocktail di luar ruang, dan menyantap makanan di indoor, menjadi pengalaman menjanjikan.

The-huge-glazings-made-the-view-from-the-saloon-just-as-god-as-the-view-from-the-aft-deck

Dalam beberapa tahun terakhir, Ferretti Group memberi perhatian lebih pada adopsi gaya Eropa utnuk mengakomodasi penggunaan yang berbeda bagi para pemilik yacht di Asia.

Di Italia dan sekitar Mediterani dan Karibia, di mana banyak pemilik kapal pesiar besar, yacht lebih banyak digunakan untuk perjalanan atau cruise dari pelabuhan ke pelabuhan, dengan pemilik serta sejumlah tamu berada di atasnya.

Akomodasi jelas kemudian menjadi hal yang utama. Bagaimanapun, Riva 100 Corsaro pertama ini ditujukan lebih dari sekadar perjalanan satu hari pulang pergi, dengan tambahan fungsional untuk bisnis dan juga hiburan.

Oleh karenanya tidak hanya dilengkapi perabotan yang fungsional tapi juga berbagai fasiliats hiburan, seperti sofa buat bersantai, meja yang bisa diset sedemikian rupa serta TV berlayar besar. Ini adalah bagian dari etos desain Ferretti ‘Tai He Ban’. Seseorang tidak akan mudah menemukan cela dari ruang dek utama dari kapal ini: dari pecinta matahari terbenam bisa duduk santai di dek hingga yang ingin bersantai setelah santap malam di lounge. Desainnya natural dan sangat sesuai.

Full-beam-master-suite-includes-a-full-beam-his-n-hers-bathroom-too

Tentu saja, seseorang bisa menempati master suite di dek utama jika menginginkan, akan tetapi kapal ini memindahkannya ke dek bawah, di mana terdapat VIP Suite (double) dan twin, semuanya dilengkapi dengan kamar mandi. Sementara, kamar mandi utama juga cukup besar, dengan fasilitas yang hampir sama, dengan area grand shower di bagian tengah.

Kapten dan kru (3 kabin, dan 5 berth) menghuni bagian tersendiri di dek ini. Setiap detil dan penyelesaian dieksekusi dengan pertimbangan tepat sehingga patut diberi nama Riva. Dan yang sangat utama, yacht Riva 100 Corsaro dilengkapi dengan jembatan layang di atasnya.

Ini bukan berarti, penambahan dek kecil dan posisi stern di ruang utama, Flybridge di sini adalah dek lain yang memiliki ruang sendiri, memanjang dari aft dek hingga ke ruang hiburan. Ini sebuah ruang kolosal, yang tampak lebih besar karena ruangnya yang memanjang melalui foredek (meski akses dari satu yang lainnya tak terhubung langsung). Ruang ini bukan sebuah penambahan atau additional biasa, dek tempat melihat matahari terhubung menjadi bagian dari desain yhact yang membuatnya menjadi spesial.

Label Riva bisa jadi terkenal berkat lajunya – kapal seperti Aquariva- akan tetapi sekarang menawarkan model hingga 100′ dan 110′ dan (yang akan datang diluncurkan) 5 m superyacht. Kapal-kapal ini terdiri dari ruang penthouse yang nyaman dan fungisonal buat kalangan premium, dan merupakan sesuatu yang dicari oleh para peminatnya. Penampilan yang sempurna, dan tanpa kompromi.

Ferretti Group menciptakan jenis kapal yang dipertimbangkan dengan matang dari segi mesin dan termasuk juga detil ruang. Dari mulai kombinasi pintu garasinya dengan dek atas yang memberi kemudahan untuk berpindah tempat. Dek kolam renang dengan fasilitas lounge area bagi yang ingin berjemur.

Seperti keluaran produk Ferretti Group lainnya, jenis kali ini juga masih mengusung signature atau gaya khasnya Ferretti Group. Ferretti mengawali pembuatan Riva di kantor pusatnya La Spezia, dengan perhatian lebih pada pengembangan model dari brand. Hari ini, teknik produksi terbaru dengan masih memperhatikan detil, Riva memanjang dari 27ft hingga 164 ft, dan mengusung gaya khas Italia dengan tampilan yang memanjakan mata.