Luxuo

Kenali: Godfrey Gao

luxuo-id-gg3

Progresi Godfrey Gao dari model yang banyak diminta ke aktor berkembang telah menjadikannya berevolusi dari idola drama menjadi pendatang baru Hollywood. Dan di tahun media sosial, menjaga reputasi terhormat tentu saja bukan perkara mudah bagi seorang artis. Bahkan dengan penampilannya yang sangat menarik yang memberikan katalis awal untuk kesuksesan, si Kanada kelahiran Taiwan ini menyatakan ia harus mengingatkan dirinya untuk “tidak menjadi puas diri.” Dengan Facebook, Instagram, dan Snapchat, influencers dan pencari ketenaran telah membuat saingannya bertekuk lutut, mereka yang memiliki predikat unik.

“Anda harus mengejarnya dan menjadi diri sendiri di luar sana,” ujarnya, mengakui kependekan usia karir selebriti. “Saya diberkati dengan mempunyai teman dan kolega di industri yang, seperti saya, berusaha untuk menjadi sangat baik. Ini mendorong saya untuk bekerja keras meraih kelangsungan dalam apa yang menjadi permainan anak muda,” tambahnya. “Saya menikmati pusat perhatian sesekali karena rasanya nikmat untuk diakui akan sesuatu yang sudah Anda lakukan, dan rasanya hebat untuk dikelilingi para penggemar yang suportif akan apa yang saya persembahkan.” Omelet dari satu orang, menurut peribahasa, adalah soufflé dari orang lain, dan menurut aktor berusia 31 tahun ini ia memilih pergerakannya dengan bijaksana. Baik itu memberikan kilasan ke kehidupan sehari-harinya, mempromosikan peran TV terbarunya di Remembering Lichuan dan God of War Zhao Li Long, mendeklarasikan kecintaannya terhadap basket NBA, atau mempromosikan merek baju barunya.

luxuo-id-gg4

Anda adalah mantan persona sampul. Apakah Anda berimprovisasi kali ini selama photoshoot?

[Tertawa] Memang hal ini menjadi lebih mudah dan foto-fotonya terlihat bagus! Ini adalah rehat yang bagus dari perfilman dan saya selalu menyukai estetika high-fashion dari majalah. Ya, Anda benar. Memang lebih mudah ketimbang berakting dan menyiapkan peran.

Bagaimana peran film berbeda dengan televisi?

Ekspresi kita lebih dilebih-lebihkan di TV. Di film, Anda diharuskan untuk memiliki lebih banyak gestur bernuansa karena setiap otot wajah diperbesar di layar. Terdapat sebuah kehalusan yang terlibat untuk memastikan kami tidak berlebihan dalam mengolah adegan. Saya sangat senang bahwa Remembering Lichuan diterima dengan baik. Kami memfilmkan untuk beberapa tahun dan Anda dapat menebak dari gaya berpakaian karakter kami bahwa filmnya agak tua. Namun, waktunya tepat untuk kisah cinta di setting kontemporer ketika sudah terlalu banyak drama tua. Saya telah berfokus pada akting pada 10 tahun terakhir dan saya masih belajar hal baru setiap hari.

Bagaimana Anda menyesuaikan untuk peran berbeda-beda yang ditawarkan?

Naskah yang bagus dan latar belakang karakter biasanya memberikan panduan dasar dan dari sana saya akan melakukan tugas saya dan menjadikan karakternya milik saya. Lebih sulit apabila Anda mengambarkan tokoh bersejarah atau tokoh fiksi dari sebuah novel. Saya bermain sebagai Magnus Bane [di The Mortal Instruments: City of Bones] yang merupakan seorang ahli sihir di novel fantasi. Tidak ada pengalaman nyata untuk didasari dan itu cukup sulit. Saya membaca bukunya dan seringkali bertemu dengan sang sutradara untuk memastikan berbagai atribut dari karakter tersebut. Sebagai perbandingan, Remembering Lichuan juga sebuah novel namun sifat karakter protagonisnya mirip dengan saya. Saya hanya perlu menjadi Alex Wang Lichuan agar karakternya menjadi hidup. Tampaknya, hal itu berhasil karena orang-orang di jalan memanggil saya “Alex”.

Manakah tempat-tempat yang paling aneh dimana Anda pernah dikenali?

Saya tidak tahu bahwa saya memiliki banyak fan Meksiko setelah The Mortal Instruments: City of Bones menjadi hit internasional. Saya belum pernah ke negara tersebut dan sembari kami berkendara ke kota saya melihat billboard-billboard dari film tersebut. Adalah mengharukan ketika melihat lebih dari lima ribu penggemar meneriakkan nama kami. Kami berfoto dan saya merasakannya sebagai sangat menyenangkan dan menakutkan.

luxuo-id-gg1

Apakah Anda aktor bilingual saat ini?

Bahasa Inggris adalah bahasa pertama saya. Saat saya pertama kali pindah ke Taiwan pengucapan Mandarin saya sangat buruk. Saya ditugaskan untuk membaca koran Cina setiap hari dan para kru di rumah produksi akan membantu saya mengingat dialog karena saya tidak mengenali banyak kata di skripnya. Saya bersyukur atas kesabaran mereka karena itu adalah perjuangan berat di awal. Bahasa Mandarin saya telah berkembang sangat baik dan bahasa Inggris saya sedikit berkurang. Menjadi agak sulit ketika saya harus berganti bahasa secara mental saat saya diwawancara dalam bahasa Inggris atau Mandarin. Saya akan menuju New York selanjutnya untuk mengerjakan komedi romantis tentang seorang aktor Broadway yang sedang berjuang, dan ini akan menjadi menantang karena perannya mengharuskan saya untuk fasih dalam kedua bahasa.

Anda merupakan pemain basket yang cukup handal dan penggemar NBA. Darimana Anda mempelajarinya?

Saya mulai bermain di sekolah dasar. Ketika saya pindah ke Vancouver, saya menjadi lebih terlibat dengan permainannya dan bermain selama dua tahun di tim kampus. Saya tumbuh dengan menonton Michael Jordan dan Kobe Bryant, serta ingin menjadi atlit profesional. Hal itu tidak terjadi namun saya pikir itu untuk yang terbaik. Ketika pemain Asia seperti Yao Ming, Yi Jianlian, dan Jeremy Lin mulai berada di depan liga, hati saya mengembang bangga. Dalam beberapa hal, mereka memenuhi impian sya untuk menjadi besar di permainan yang saya cintai.

luxuo-id-gg2

Anda pernah bertemu dengan beberapa legenda NBA. Apakah Anda pernah terkejut ketika menemui pemain basket profesional?

Pernah suatu kali saya diundang Nike untuk menerjemahkan bagi Kobe Bryant selama salah satu perjalanan luar-musimnya di Taiwan. Ini adalah pada tahun 2006, ketika ia baru saja mencetak 81 poin melawan Toronto Raptors. Kami berada di lapangan basket yang sama dan saya merasa “agak malu”. Saya tidak tahu harus berbuat atau berkata apa. Ia adalah orang yang baik, professional, dan jelas, individu yang sangat cerdas yang tahu bagaimana menarik para pengunjung. Kami makan malam bersama kru setelah acara tersebut dan saya tidak ingin hari itu berakhir.

Apakah yang Anda kagumi dari pemain NBA?

Hal itu adalah dedikasi dari para pemain gila ini terhadap keahlian mereka. Saya mengagumi bagaimana para pemain yang saya temui disiplin dengan pola makan dan latihan mereka. Saya masih bermain demi kesenangan ketika ada kesempatan. Musim berikut ini akan menjadi menarik dengan Kevin Durant bergabung di Golden State Warriors. Saya bertaruh di LeBron James dan Cleveland Cavaliers sebagai pemenang sebelumnya. Saya juga bermain golf namun saya menganggapnya sebagai permainan santai untuk bertemu dengan kawan.

luxuo-id-gg5

Apakah hal ekstravagan terbesar semenjak Anda menjadi terkenal?

Saya membeli Maserati GranTurismo karena mereka memberikan kesepakatan yang bagus. Apakah itu termasuk? Saya jarang mengendarainya karena saya sering bepergian untuk pekerjaan. Saya cukup hemat dengan uang saya dan perintah pertama adalah untuk membeli rumah sendiri dan merawat orangtua. Saya merasa terbekahi dengan mewakili merek tersebut. Hal tentang menjadi perwakilan merek adalah pengalaman itu membuat rendah hati karena mereka mempercayai reputasi mereka dengan Anda. Saya belajar itu secara langsung seiring saya berusaha memulai label sendiri yang menyatukan baju olahraga fungsional dan fashion – bayangkan dress shirts dengan bahan yang menyerap keringat dan potongan refleksi untuk bersepeda pulang setelah bekerja. Akan ada shout-out di Instagram sebentar lagi.

Anda adalah separuh Malaysia dan juga pria Asia pertama yang berada di headline kampanye Louis Vuitton yang disyut di Cameron Highlands. Apakah Anda masih sering pulang?

Saya akan kembali pada akhir tahun untuk pernikahan sepupu saya. Ibu saya Peranakan dan beliau berasal dari Penang. Saya juga menghabiskan Tahun Baru Cina lalu di sana dan bersenang-senang bersama paman, bibi dan sepupu. Saya berjalan-jalan di pantai dan menikmati es kacang dan kuey tiao goreng. Saya menyukai semuanya! Saya namun tidak suka durian – terutama jenis mao shan wang karena mereka berbau tidak enak.

Di samping itu, ini adalah sebagian dari video behind-the-scene fotosyut Godfrey Gao untuk Men’s Folio Isu Oktober. Tonton!