Luxuo

Lady With An Ermine oleh Leonardo Da Vinci: Dimiliki Polandia

luxuo-id-lady-with-an-ermine

Kementerian budaya Polandia diharapkan untuk membeli koleksi seni pribadi seharga dua miliar euro yang termasuk karya Leonardo da Vinci “Lady with an Ermine”. Potret abad ke-15 dari seorang wanita muda memegang ermine putih, semacam musang berekor pendek, hanyalah salah satu dari empat lukisan wanita yang dikenal dari master Renaissance, salah satunya adalah Monalisa.

Setelah mengumumkan niatnya untuk membeli koleksi tersebut pada awal bulan ini, kementerian ini merilis sebuah pernyataan yang menyatakan mereka akan “menandatangani persetujuan mengenai penyelesaian final dari status” dari karya-karya tersebut.

Saat ini dimiliki oleh Princes Czartoryski Foundation dan dirumahkan di National Museum pada kota bagian selatan adalah Krakow, koleksi ini menghitung ribuan item. Disamping da Vinci, yang diinsuransikan sebesar sekitar 350 juta euro ($365 juta), nama besar lainnya termasuk Rembrandt dan lukisan dari Renoir.

Putri Izabela Czartoryska mendirikan koleksi pada 1801 untuk mengawetkan karya Polandia dan Eropa sementara negaranya disekati oleh tetangganya Austria, Prussia, dan Rusia.

Kementerian budaya telah mengatakan bahwa mereka hendak meyakinkan bahwa koleksi tersebut tidak akan meninggalkan Polandia, yang dapat terjadi selama ia dimiliki oleh sang fondasi, yang presidennya, Prince Adam Karol Czartoryski tinggal di luar negeri.

Lukisan minyak kecil diatas kayu dipercayai untuk menggambarkan Cecilia Gallerani, kekasih remaja dari Ludovico Sforza, Duke of Milan dan salah satu pelanggan da Vinci.

Dibeli oleh keluarga Czartoryski di Italia pada 1798 dan diambil ke Polandia, lukisan tersebut dicuri oleh Jerman Nazi yang menjajah pada 1939 namun direstitusi setelah perang.

Cerita ini juga tersedia dalam Bahasa Inggris. Baca disini: Lady With An Ermine by Leonardo Da Vinci: Poland to own famous painting in a private art sale