Motoring / Otomotif

Pengendara Motor Masa Depan Tanpa Helm: BMW

Jika Anda selalu bermimpi untuk mengendarai motor tanpa helm dan alat pengaman, BMW Motorrad Vision Next 100 adalah motor untuk Anda. BMW menyatakan prototype tersebut adalah emisi nol, kekuatan self-balancing, tetapi pada saat yang sama, mengingatkan kita bahwa ini tidak akan menjadi realita pada paling awal 2030.

08 Nov, 2016 | Oleh Luxuo

luxuo-id-bmw1

Jika Anda selalu bermimpi untuk mengendarai motor tanpa helm dan alat pengaman, BMW Motorrad Vision Next 100 adalah motor untuk Anda. BMW menyatakan prototype tersebut adalah emisi nol, kekuatan self-balancing, tetapi pada saat yang sama, mengingatkan kita bahwa ini tidak akan menjadi realita pada paling awal 2030.

Ini adalah tahun dimana pemerintah Jerman menginginkan untuk menghapuskan mesin internal combustion itu sendiri sehingga kami berpikir bahwa BMW tahu lebih banyak dari yang mereka tunjukkan. Bagaimanapun, dengan apa yang terjadi di Samsung dengan Note 7 – banyak terjadi kegemparan dari perusahaan dan pengamat yang berpengetahuan – pantaslah bila perlu berhati-hati.

Vision Next 100 mungkin terkenal familiar bagi Anda dan itulah seharusnya. BMW Motorrad Vision Next 100 adalah bagian dari perayaan ulangtahun pembuat mobil Jerman tahun ini. Perayaan kegembiraan ini telah menyaksikan mobil sports BMW dengan badan yang fleksibel, dan juga self-driving Rolls-Royce dan model electrik Mini.

Kembali pada motor berkonsep berikut, BMW mengatakan ia sangatlah aman Anda tidak perlu mengenakan helm saat berkendara karena Anda tidaklah perlu menyeimbangkannya. Motor tersebut memiliki roda-roda self-balancing didesain untuk berdiri tegak bahkan pada saat berhenti, stabilitas yang dinyatakan oleh perusahaan tersebut menjadikan pengendara untuk meninggalkan helm – kecuali untuk menjadi gaya.

“Sistem self-balancing akan membantu melindungi pengendara kapanpun,” ujar Edgar Heinrich, direktur desain dari divisi motor BMW. “Reaksi lambat apapun dari sang pengendara akan memicu dan kendaraan tersebut akan menyeimbangkan diri.”

“Di masa depan, pengendara motor akan dapat menikmati perjalanan tanpa gear pelindung.”

luxuo-id-bmw2

Perwakilan perusahaan namun juga menambahkan mengendarai tanpa helm masihlah fantasi.

Banyak negara menjadikan gear pelindung dan teknologi self-balancing masih dalam tahap perkembangan. Tidak ada rencana pada titik ini untuk menjadikan konsep ini otonomis secara penuh.

“Kami tidak membayangkan otonomi pada motor,” ujar Heinrich, dan seiring sistem autopilot tanpa pengendara telah menghadipi kritikan global setelah kecelakaan fatal di Cina Utara pada Januari dan di negara bagian Florida pada Mei. Namun juga, kami tidak membayangkan siapapun menginginkan motor otonomis sepenuhnya, namun level kepintaran tertentu seperti yang dihadirkan BMW Motorrad Vision Next 100 tentu saja akan disambut.

BMW ingin mengkomersialisasikan kendaraan otonomis sepenuhnya pada 2021, seorang juru bicara perusahaan tersebut menyatakan.

Grup berbasis Munich ini telah berkolaborasi dengan raksasa chip komputer Intel dan firma teknologi asal Israel Mobileye untuk mengembangkan mobil self-drive.

Tahun lalu, grup berbasis Munich juga menambahkan kekuatan dengan lawan Jermannya Daimler dan Audi, subsidiari mewah dari Volkswagen, untuk membeli sistem peta digital Here dari Nokia untuk membantu dalam usaha.

Cerita ini juga tersedia dalam Bahasa Inggris. Baca di sini: Future Motorbike Riders Won’t Need Helmets: BMW 


 
Back to top