Luxuo

Patek Philippe Nautilus Arloji Ulang Tahun ke-40

luxuo-id-pp_5711-1p

Tahun 1970an adalah tahun penuh gejolak, terutama untuk industri jam tangan tradisional Swiss, menghasilkan beberapa item klasik modern seperti Patek Philippe Nautilus. Kita sekarang melihat dua model edisi terbatas yang mengingatkan kita sekali lagi akan kejeniusan Gerald Genta (ia mendesain 1976 Nautillus original, kabarnya diatas tisu) tetapi pertama-tama kami harus mengatur suasananya, seperti dahulu.

Seraya Patek Philippe Nautilus merayakan ulang tahun ke-40 tahun ini, memang tidak biasa bahwa kita lagi-lagi menjumpai diri di periode yang tak tertandingi. Dengan cara yang unik, ini mengingatkan kita bahwa jam tangan seperti Nautilus adalah tabah menghadapi jalannya waktu yang tak terhindarkan. Pada 1976, ketika debut Ref. 3700/1A – model Nautilus paling pertama – tampaknya keputusan yang tak terpikirkan dari sisi institusi pembuatan jam Swiss seperti Patek Phillippe. Hari ini, keputusan dari perusahaan yang dimiliki oleh keluarga ini dirayakan.

Desain yang berani – khas untuk Genta – dan fakta bahwa ia dulunya adalah jam tangan olahraga adalah menakjubkan, namun ini tidak terlalu menjelaskan mengapa jam tangan ini sangat penting. Nautilus berbungkuskan baja, maka material tersebut memberikan status legendaris dari jam tangan tersebut. Untuk ulang tahun ke-40, pabrik berbasis Jenewa ini sekali lagi telah membuat banyak orang keheranan karena kedua edisi terbatas di tahun 2016 terbuat dari material berharga. Memang, jam tangan sportif berbahan berharga memang tidak luar biasa, namun menghargai sebuah jam tangan terkenal akan terbuat dari baja dengan dengan model metal berharga adalah cukup berani. Berbicara tentang keberanian, iklan lama Nautilus adalah seluruhnya berani (dan mereka mengilustrasikan bahwa Patek Phillipe telah membungkus jam-jam Nautilus dengan metal berharga untuk beberapa waktu).

luxuo-id-pub_nautilus

Ini membawa kita ke bentuk formal jam tangan, yaitu Patek Philippe Nautilus Ref. 5711/1P 40th Anniversary Edition dan Patek Philippe Nautilus Ref. 5976/1G 40th Anniversary Limited Edition. Keduanya mempertahankan “engsel” di pukul 9 dan 3, serta memilki bezel segi delapan yang menarik perhatian seperti aslinya. Memang cukup, menurut kami, untuk mempertahankan kesamaan yang jelas dan berlanjut ke satu-persatu jam tangan tersebut di detail lebih lanjut.

luxuo-id-5711_1p

Kita akan menyebut jam tersebut dengan nomor referensinya, seperti tradisional, selagi menggali lebih dalam. Ref. 5711/1P paling menyerupai sang orisinal Ref. 3700/1A namun tentu saja berbungkus platinum dengan gelang serasi, yang (kami bayangkan) membuatnya cukup berat di pergelangan tangan. Itu adalah jam tangan khusus-waktu 40mm, dengan bentangan detik dan tanggal, sejauh fungsinya. Ada yang lebih berharga di Ref. 5711/1P ketimbang bungkus dan gelang platinumnya. Pemutarnya terbuat dari emas 18k dan juga jarum dan angkanya, meskipun penandanya ditata di berlian berpotongan baguette. Ada satu berlian terakhir, ditata ke bezel di arah pukul 6, yang sama dengan lainnya seperti Patek Phillips model platinum. Anda mungkin akan memperhatikan kata-kata timbulnya, elemen paling kontroversial disini. Kata-kata timbul tersebut juga tampak di Ref. 5976/1G. Terbatas sejumlah 700 item, Ref. 5711/1P jelas tidak perlu menarik segala lapisan pembeli.

luxuo-id-5976_1g

Ref. 5976/1G adalah tentu saja sebuah chronograf, yang akan Anda kenali dari ciri khas penomoran Patek Phillipe , bahkan jika konfigurasi dan pusher tidak membantu. Model ini berbungkus emas putih 18k dan jauh lebih besar dibandingkan Ref. 5711/1P. Memang, pada ukuran 44mm ini memang salah satu jam tangan Patek Phillips terbesar yang pernah kami ulas (tidak ada dari item ini yang berada di BaselWorld seperti kami laporkan sehingga kami belum melihat dari dekat). Hal-hal menjadi lebih sederhana disini dengan pemutar yang terbuat dari kuningan (yang merupakan praktek biasa dalam pembuatan jam tangan), meskipun penanda jam dan jarum semua terbuat dari emas 18k. Berbeda dengan Ref. 5711/1P, Ref. 5976/1G menggunakan berlian berpotongan princess dan baguette. Jam tangan ini terbatas sejumlah 1,300 item sehingga mendapatkannya akan sedikit lebih mudah ketimbang Ref. 5711/1P namun tidak banyak.

Spesifikasi

Ref. 5711/1P

  • Dimensi: 40mm (sudut-ke-sudut); 44.5mm (lebar ujung-kek-ujung termasuk mahkota)
  • Fungsi: Jam, menit, pusat detik, tanggal
  • Penyimpan tenaga: 45 jam
  • Pergerakan: Self-windingCalibre 324 S C
  • Bungkus:Platinum 950
  • Ketahanan Air:120 meter
  • Tali: Tali gelang platinum 950, gesper lipat tekuk

 

Ref. 5976/1G

  • Dimensi: 44mm (sudut-ke-sudut); 49.25mm (lebar ujung-kek-ujung termasuk mahkota)
  • Fungsi: Jam, menit, pusat detik, tanggal, chronograph
  • Penyimpan tenaga: 55 jam
  • Pergerakan: Self-windingCalibre CH 28-520 C
  • Bungkus:18k emas putih
  • Ketahanan Air:120 meter
  • Tali: Tali gelang 18k emas putih, gesper lipat tekuk

Cerita ini juga tersedia dalam bahasa Inggris. Baca di sini: Patek Philippe Nautilus 40th Anniversary Watches