Luxuo

Selamat Tinggal Aston Martin DB9, Halo DB11

luxuo-id-selamat-tinggal-aston-martin-db9-halo-db11-tampak-samping

Aston Martin DB9 kini tak ada lagi. Ya, 13 tahun setelah unit pertama mobil ini diluncurkan di Gaydon, produsen mobil Inggris tersebut akan menghentikan produksi dari salah satu Grand Tourers paling indah sepanjang sejarah otomotif. Aston Martin akan menandai tonggak akhir sejarah GT DB9 dengan meluncurkan sembilan mobil terakhir (digambarkan di atas), sebelum pabrikan ini mulai merancang bintang jalan raya baru mereka, DB11.

Para penggemar DB9 akan mengingat gemuruh dari mesin V12 mid-mount, bertenaga 540 bhp tersebut. Mereka juga tidak akan pernah melupakan hari di mana mereka mencoba meruntuhkan jalanan dengan kecepatan tertinggi dari 183mph. Coupe dua pintu ini ditakdirkan untuk menjadi ikon.

2014 Aston Martin DB9 Carbon Black
2014 Aston Martin DB9 Carbon Black

Sebagai pengganti DB7, Aston Martin membaptis DB9 bukan dengan nama DB8 untuk mewakili revolusi, bukan evolusi (sekaligus menghilangkan kesalahpahaman atas mesinnya yang dikira memiliki delapan silinder, bukannya 12). Mobil ini menghasilkan peningkatkan dalam penjualan Aston sebanyak hampir empat kali lipat dalam kurun waktu empat tahun. Mobil ini digemari oleh Jeremy Clarkson yang kritis dan James Bond yang diperankan oleh Daniel Craig. Dia sempat menghancurkan tidak hanya satu, tapi dua model DBS, kembaran DB9 yang lebih agresif.

James Bond 'Quantum of Solace' Aston Martin DBS
James Bond ‘Quantum of Solace’ Aston Martin DBS

Kini, bekerja sama dengan perusahaan modifikasi pesanan Division Q, Aston Martin akan menggelaontorkan seri terakhir dari lini produksi Gaydon, di Warwickshire, Inggris. Tiap unit dari sembilan GTS DB9 terakhir akan dimodifikasi hingga selesai, dan anda tidak usah repot-repot berusaha mendapatkan salah satu mobil ini, karena tiap unitnya sudah ludes terjual.

2017 Aston Martin DB9 GT
2017 Aston Martin DB9 GT

Seperti pendahulunya, DB11 akan menandai revolusi besar di pabrikan ini, dengan mesin 5.2-liter, all-new twin-turbo V12 akan menghasilkan tenaga sebesar 600bhp, dan sanggup mencapai 62mph dalam 3,9 detik. Aston, juga menciptakan satu unit DB10 untuk Spectre, film Bond terbaru. Tapi Aston Martin DB9 jelas tidak akan pernah terlupakan. Perusahaan asuransi mobil klasik dan pakar industri mobil klasik, Hagerty telah melihat peningkatan permintaan serta harga untuk DB9 produksi pertengahan tahun 2000.

Tonton kedigdayaan Aston Martin DB9 di sini:

Dan untuk mengenang masa lalu, saksikanlah Jeremy Clarkson membuktikan DB9 miliknya mampu mengalahkan tantangan Richard Hammond dan James May untuk lebih dulu mencapai Monte Carlo dibandingkan transportasi umum di acara Top Gear.