Luxuo

Simbol Rumah Mewah: Memiliki Ruang Spa

New-Status-Symbol-Your-Own-Home-Luxury-Spa-4

Suatu masa kemewahan ditandai dengan kepemilikan atas kendaraan, barang-barang mewah, hingga kolam renang. Akan tetapi seiring berjalan waktu, kini rumah mewah ditandai dengan keberadaan ruang spa sendiri.

Hal ini setidaknya terungkap ketika tren rumah mewah 2017 mengungkapkan adanya sejumlah pihak yang mulai menambahkan rumahnya dengan bio-sauna, kolam renang dengan tambahan es, pengalaman shower yang memanjakan, akuarium, dan banyas bergaya Rusia pada ruangan yang didekorasi karya seni bernilai tinggi milik Bill Viola dan atau Yayoi Kusama.

Dalam konteks ini, seseorang melihat bahwa karya seni sebagai simbol status untuk menaikkan kesan kediamannya, dan karenanya pasar seni global mengalami peningkatan penjualan pada 2015 hingga US$63,8 miliar. Sementara industri kebugaran juga tak kalah menanjaknya termasuk spa mewah yang diperkirakan mencapai angka US$3,7 triliun menurut Global Wellness Institute.

“Rumah mewah tak lagi soal adanya kolam renang saja. Tapi juga komitmen akan kebugaran dan gaya hidup sehat seperti sauna, steam room, jacuzzi, pengalaman mandi dengan shower, dan kolam spa dengan jet volcano dan tembakan air pada bagian punggung, bahu dan leher sebagai pijatan. Relaksasi dengan pemakaian teknologi untuk menciptakan pengalaman tubuh bugar di kediaman sendiri.”

New-Status-Symbol-Your-Own-Home-Luxury-Spa-2

Simbol Status Baru: Ruang spa mewah pribadi

Ketika bintang tenis asal Skotlandia Andy Murray mengambil Cromlix House, tak jauh dari kampung halamannya di Dunblane, ia tidak hanya kembali ke asal tapi juga kesempatan untuk menemukan kembali era kemewahan pada tempat tinggal lamanya.

Menyusul renovasi pada Spring 2014, jawara lapangan tenis itu mentransformasinya menjadi kediaman mewah bergaya Victorian Pertshire dengan 15 kamar tidur dan Gate Lodge. The Cromlix House memiliki restoran Chez Roux, lima suite dan sepuluh kamar, akomodasi gate lodge, ruang resepsi, dua ruang menggambar, konservatori, ruang dapur, dan ruang pertemuan.

Akan tetapi pada Januari 2017, Murray mengumumkan pengembangan rencananya dengan menambahkan 30 kamar, ruang konferensi, dan pusat kebugaran termasuk di dalamnya ruang treatment spa dengan desain bio-sauna, banya bergaya Rusia dan dinding akuariuum.

New-Status-Symbol-Your-Own-Home-Luxury-Spa-5

Tren Spa Rumah 2017 dan Aqua Platinum

Perusahaan desain kolam renang high end Aqua Platinum mengambil pendekatan yang responsif terhadap pelanggan dan juga inspirasi dari Murray.

“Industri vitalitas dan kebugaran telah booming dalam beberapa tahun terakhir dan produk serta pengalaman yang ditawarkannya juga berkembang pesat, serta membuat rasa penasaran pada publik. Semakin kita mengaperisiasi akan nilai-nilai sehat dalam keseharian, pelanggan mengedukasi dirinya sendiri untuk mendapatkan yang terbaik dalam mengambil manfaat dari tradisi lama dengan pemanfaatan teknologi modern,” Aqua Platinum.

New-Status-Symbol-Your-Own-Home-Luxury-Spa-8

Aqua Platinum menggabungkan dua hal yang klasik dan modern. Sebagai contoh, sauna dengan konsep gaya lama Finlandia, dan para penggemar spa di Inggris misalnya ingin memiliki fasilitas spa di rumah dengan plunge pool bersuhu antara 5-10 derajat Celcius yang membuat mereka bisa langsung melompat ke dalamnya seperti halnya tradisional onsen di Jepang.

Teknik ini mengkombinasikan treatmen yang memanfaatkan tradisi antar negara yang baik untuk tubuh. Tidak hanya pemain tenis seperti Andy Murray, atlet Jessica Ennis-Hill, Paula Radclife dan Mo Farah adalah beberapa di antaranya yang mengatakan mendapat manfaat dari air dingin pada otot dan peredaran darah.

Jika sauna Jepang hangat dan lembap, sementara sauna kering dan panas populer di Finlandia. Tren spa rumah 2017 kini justru mengarah pada bio-sauna dengan air dingin.

New-Status-Symbol-Your-Own-Home-Luxury-Spa-3

Upaya kombinasi yang tradisional dan teknologi kekinian memberikan hal baru yang menarik. Pemanfaatan desain kayu dan natural sementara pencahayaan yang menggunakan fiber optik sehingga lebih redup dan menenangkan adalah satu di antaranya.

Desain modern tersebut kini menjadi yang populer saat ini. Menurut Allan N. Schwartz PhD, akuarium yang dibuat dengan sedemikian rupa menarik akan dapat mengurangi beban pikiran dan stres.

Seiring dengan meningkatnya pasar spa rumah saat ini begitu juga fasilitas dan jenis perawatan yang ditawarkannya. Sekarang kolam renang indoor ataupun outdoor sudah tak cukup lagi menjadikan rumah sebagai simbol status, akan tetapi di dalamnya juga mesti terdapat fasilitas kebugaran dan spa.