Luxuo

Tissot Bikin Gebrakan Arloji Silikon yang Mewah tapi Terjangkau

For-what-it-represents-Tissot-Ballade-Powermatic-80-COSC-is-sign-of-Cutting-Edge-watchmaking-in-affordable-watches-4

Tissot membuat gebrakan di industri jam tangan dari Swiss dengan merilis produk Tissot Balade Powermatic 80 COSC berbahan silicon balance spring dengan harga terjangkau.


Jam tangan berbahan silikon dikenal mahal dan mewah. Namun, baru-baru ini, Tissot merilis produk berbahan silikon yang menjadi pusat perhatian di gelaran pameran jam tangan, dengan merilis produk dengan harga mulai dari 870 franc Swiss atau US$1,380 (Rp18juta). Ini menjadi kali pertama ada arloji dengan bahan silicon balance spring yang tersedia di bawah harga 1.000 franc Swiss.

Gebrakan ini sebelumnya membayangi sejumlah produsen jam tangan termasuk Swatch Group seperti label Breguet, Blancpain, Jacquet Droz, Glashutte Original dan Omega yang mengenakan beragam komponen berbahan silikon beberapa waktu sebelumnya.

Produk Tissot Ballade Powermatic 80 COSC menjadi penggebrak arlloji mahal yang kini jadi lebih terjangkau.

Di sisi lain, setiap produsen arloji Swiss sebelumnya menggunakan Nivarox hair springs dan tak ada satupun yang beralih ke bahan silikon. Sementara, bahan kuningan dan logam kerap digunakan, diikuti mesin mekanik jam Nivarox yang juga masih digunakan oleh sejumlah produsen arloji Swiss.

For-what-it-represents-Tissot-Ballade-Powermatic-80-COSC-is-sign-of-Cutting-Edge-watchmaking-in-affordable-watches-3

Bagaimana tentang produk baru ini sendiri?

Tissot Ballade Powematic 80 COSC merupakan gebrakan bagi Tissot. Produsen arloji asal Swiss ini sebelumnya mengungkapkan mesin jam mekanik silikon berharga mahal dan oleh karenanya tidak akan tersedia dalam segmen mereka. Para para pembuat jam lalu mencoba peruntungan di 2017 dengan pemanfaatan teknologi canggih yang membuatnya mungkin terjadi, dan dengan harga terjangkau sebagai sebuah pertaruhan. Dengan hadirnya berbagai pendukung seperti teknologi tourbillon, dan kronograf, maka penurunan harga kini tampak logis.

Setelah melihat sejumlah produk pada Baselworld 2017 lalu, arloji 41mm berbahan logam (39mm untuk wanita) ini dilengkapi dengan penunjuk jam berhiaskan ala Clous de Paris, yang membuatnya naik level dan berbeda dibanding lainnya. Dengan cerdas, Tissot melengkapi jam ini dengan bagian belakang yang dengan mudah membuatnya mencuri perhatian dan dikagumi. Arloji ini juga punya kronometer yang pas, dengan sertifikasi COSC dan power reserve 80 jam.

For-what-it-represents-Tissot-Ballade-Powermatic-80-COSC-is-sign-of-Cutting-Edge-watchmaking-in-affordable-watches-2

Kembali pada proposisi pemasarannya, arloji ini termasuk salah satu produk yang menggunakan teknologi lebih baik, dan harga yang masuk akal. Sejauh ini, paradigma yang bilang bahwa ada elemen ekslusivitas di bahan silikon. Namun, tidak ada salahnya juga ketika bahan ini tidak melulu dianggap sebagai material eksklusif.

Adapun spek teknis Tissot Ballade Powermatic 80 COSC, di antaranya:
– Mekanik: self-winding calibre CO7.811 Si; 80-hour power reserve
– Case: 41 mm logam, anti air hingga 50 m
– Tali: bahan logam atau kulit
– Harga: US$1380 hingga US$1620 (Rp18 juta -Rp21 juta)