Motoring / Yachting

BNP Paribas Wealth Management Beri Fokus Pada ‘Pembiayaan Kapal Pesiar Berkelanjutan’

Arnaud Tellier mengungkapkan bagaimana BNP Paribas Wealth Management menjadi pemimpin global dalam pembiayaan kapal pesiar seiring dengan fokus mereka dalam hal keuangan berkelanjutan.

16 Sep, 2020 | Oleh Yacht Style

Tipe klien seperti apa yang dimiliki BNP Paribas Wealth Management di Asia?

Kami memiliki perpaduan yang baik antara taipan papan atas dan perusahaan keluarga, individu berpenghasilan sangat tinggi (UHNWI) dan individu berpenghasilan tinggi (HNWI) dari Hong Kong, Tiongkok daratan, Taiwan, Singapura, Indonesia, Malaysia, Thailand dan India.

Arnaud Tellier, CEO, Asia Pasifik, BNP Paribas Wealth Management.

Grup perbankan global BNP Paribas telah hadir di Asia selama hampir 160 tahun, sehingga penetrasi taipan papan atas kami begitu signifikan dan tumbuh di setiap pasar yang kami pilih.

BNP Paribas Wealth Management mendapat manfaat dari stabilitas, kapabilitas global, dan pemosisian kelas atas BNP Paribas, menjadikan kami proposisi yang menarik bagi pengusaha kaya dan keluarganya.

Kami terus mencari inovasi untuk menangkap kebutuhan dan selera yang terus berkembang dari individu-individu kaya di Asia, dan sebagai tanggapan atas pertumbuhan cepat UHNWI, kami telah meningkatkan investasi dalam tim cakupan kami.

 

Apa yang menjadi aset utama dari bank? Bagaimana pembiayaan kapal pesiar cocok di dalamnya?

Kekuatan internal kami berkisar dari ekuitas, pendapatan tetap, FX, dana, produk terstruktur, dan manajemen portofolio diskresioner hingga penawaran yang lebih khusus seperti investasi berkelanjutan, realestat Eropa, hutang dan ekuitas swasta, kebun anggur Prancis, dan juga pembiayaan untuk kelas aset seperti superyacht, bisnis jet, dan properti.

 

Bagaimana bank mendukung pembiayaan untuk aset sebesar itu?

BNP Paribas memiliki budaya kredit yang sangat kuat dibandingkan dengan pemain manajemen kekayaan lainnya. Artinya, di BNP Paribas Wealth Management, kami tidak hanya memiliki pengetahuan dalam pembiayaan untuk transaksi ekuitas yang kompleks – seperti superyacht, jet pribadi, properti – tetapi kami juga dengan senang hati mendukungnya dengan neraca kami sendiri.

Kaliber tinggi dari penata kredit internal kami dan kecenderungan kami untuk manajemen risiko berarti jalur kredit klien kami didukung oleh bank yang memahami mereka.

 

Seberapa penting keberlanjutan finansial bagi bank?

BNP Paribas telah secara strategis dan sepenuhnya mengintegrasikan praktik keberlanjutan ke dalam struktur organisasi. Kami melihat keberlanjutan sebagai pendorong pertumbuhan bisnis jangka panjang yang bertanggung jawab, baik untuk klien maupun franchise kami.

“Ada peningkatan pemahaman tentang investasi berkelanjutan di antara klien swasta.”

Membantu klien, karyawan dan pemangku kepentingan yang memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat merupakan salah satu pilar dari strategi BNP Paribas. Kami adalah penggerak awal dalam memperjuangkan keberlanjutan dan berdampak pada investasi di semua lini bisnis grup.

BNP Paribas Group bangga dinobatkan sebagai bank terbaik dunia untuk keuangan berkelanjutan di Euromoney Awards for Excellence 2018, karena ini menunjukkan bahwa rekan-rekan kami dan industri telah mengakui upaya kami untuk menanamkan budaya berkelanjutan secara internal dan di semua tingkat penyampaian produk dan layanan.

Kami juga senang bahwa ada peningkatan penerimaan dan pemahaman tentang investasi berkelanjutan dan lingkungan, sosial dan tata kelola (ESG) di antara klien swasta.

Faktanya, sejak 2016, tim Wealth Management dan klien kami telah menjadi peserta utama di Forum Masa Depan Berkelanjutan BNP Paribas di Singapura, sebuah konferensi pan-Asia bergengsi tentang keuangan berkelanjutan yang telah menjadi terkenal di panggung global tidak hanya karena relevansi dan pengaruh, tetapi juga karena kredibilitas yang kuat dari BNP Paribas sebagai tuan rumah.

Sebagai bank swasta global terkemuka, BNP Paribas Wealth Management menyadari fakta bahwa industri perbankan perlu berperan dalam menempa ‘keuangan hijau’. Dan menjadi pemimpin dalam pembiayaan pemilik kapal pesiar selama lebih dari satu dekade dan membangun rekam jejak yang luar biasa, kami berada di garis depan dalam menjadikan keberlanjutan sebagai bagian penting dari proposisi nilai kami.

 

Bagaimana fokus pada keuangan hijau ini mempengaruhi klien pembiayaan kapal pesiar?

 

Kami telah menerapkan program kredit khusus untuk memajukan agenda pembiayaan yacht ramah lingkungan, dengan sertifikasi hijau dan atau fungsi penelitian ilmiah; pemilik yang bersedia mengimbangi emisi karbon dari yacht mereka; dan pemilik yang berkomitmen untuk menginvestasikan asetnya dalam pengelolaan dengan BNP Paribas Wealth Management menjadi dana berdampak positif.

Kami mengharapkan semua lini produk dalam BNP Paribas Wealth Management untuk memperjuangkan keberlanjutan di antara klien kami. Tim pembiayaan pelayaran dan kapal pesiar kami juga berkontribusi secara aktif, dengan struktur inovatif seperti pinjaman insentif positif atau untuk mengimbangi sebagian emisi klien dengan berinvestasi pada produk rendah karbon.

Ini dan banyak inisiatif mendatang memungkinkan kita untuk melangkah lebih jauh untuk mendukung planet. Kami telah menjadi pendukung setia dalam membangun ekosistem keberlanjutan di Asia melalui pengorganisasian dan partisipasi dalam berbagai inisiatif dan acara industri, berbagi praktik terbaik serta meningkatkan acara pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran. Kami akan terus melibatkan klien kami dalam keberlanjutan.

 

Anda juga telah bekerja sama dengan pakar lingkungan terkemuka.

Di Asia, kami memulai kemitraan tahun lalu dengan Craig Leeson, pembuat film, pendongeng, dan pakar lingkungan pemenang penghargaan yang, melalui filmnya A Plastic Ocean, menyoroti bahaya pencemaran plastik di lautan kita.

 

Apa lagi yang perlu diketahui pembaca tentang BNP Paribas Wealth Management?

Salah satu keunggulan kompetitif utama kami adalah pendekatan ‘Satu Bank‘, model perbankan terintegrasi yang menawarkan klien berbagai investasi, solusi bisnis dan layanan keluarga, termasuk perencanaan kekayaan, kepercayaan dan rujukan asuransi dan filantropi individu.

 

Bagaimana masa depan divisi Wealth Management di Asia?

BNP Paribas Wealth Management Asia terus menjadi area pertumbuhan utama bagi BNP Paribas Group. Tahun ini dan seterusnya, kami memulai proyek untuk meningkatkan layanan klien kami, pengembangan sumber pendapatan yang berkelanjutan, pemberdayaan sumber daya manusia, penyederhanaan proses, manajemen bakat, disiplin dan efisiensi, dan memberikan nilai lebih kepada klien dari platform ‘One Bank’.

 

www.wealthmanagement.bnpparibas/asia

 

Arnaud Tellier adalah CEO BNP Paribas Wealth Management Asia Pasifik dan bertanggung jawab untuk menentukan dan mengimplementasikan tujuan strategis waralaba wealth management di Asia. Posisi ini mengikuti posisi terakhirnya sebagai Head of Wealth Management, Singapura dan Asia Tenggara. Sebelumnya, dia pernah memegang peran kepemimpinan sebagai Head of Investment Services, Asia dari 2015-2018 dan CEO, BNP Paribas Wealth Management di Singapura dari 2013-2015. Tellier telah menghabiskan lebih dari 20 tahun di pasar modal dan posisi senior di Perbankan Korporasi dan Investasi, serta Manajemen Kekayaan, di seluruh Eropa dan Asia. Tellier telah memegang posisi senior dalam Grup di London, Paris dan Madrid. Pada tahun 2002, ia diangkat menjadi Kepala Regional Perbankan Korporat dan Investasi – Eropa Utara & Tengah dan dari 2006-2010, sebagai CEO dan Country Head untuk Yunani. Tellier adalah Kepala Perbankan Korporat dan Investasi untuk Turki dari 2010-2013.


 
Back to top