Budaya / Seni Rupa

Fiona Tan, Seniman Residensial di Getty Research Institute

Fiona Tan, sang seniman visual ini diumumkan sebagai seniman residensi baru untuk Scholars Program 2016-2017 dari Getty Institute.

17 Des, 2016 | Oleh Luxuo

luxuo-id-inventory_london

Fiona Tan, sang seniman

Terlahir di Indonesia dan dibesarkan di Australia, Fiona Tan saat ini tinggal di Belanda. Utamanya seorang seniman visual, Tan dikenal akan fotografi, film dan instalasi videonya. Karyanya mempertanyakan dan mengeksplorasi ide representasi individual dan mekanisme dari bagaimana kita menginterpretasi representasi lainnya. Identitas, memori, dan sejarah berada terdepan dari karyanya, yang bertujuan untuk menghadirkan pengalaman sensorial yang sekuat konten intelektual yang ia tawarkan.

The Getty Scholars Program: “Art and Anthropology”

Getty Institute adalah sebuah program operasi dari J. Paul Getty Trust, berbasis di California, yang objektifnya adalah untuk memperbaiki pengertian global akan seni dan sejarah melalui riset, eksibisi dan program publikasi.

Getty Scholars Program tahunan ini telah ada sejak 1985. Intelektual terpilih dari berbagai disiplin dan negara diundang ke Institute tersebut, salah satu dari perpustakaan seni dan arsitektur di dunia, untuk bekerja dalam proyek tersebut terkait dengan tema dari tahunnya.

Bagi edisi 2016 dari Scholars Program, tema tersebut adalah “Art and Anthropology” dan “The Classical World in Context: Egypt”. Topik-topik seperti Early Modern Islamic Printmaking, Graffiti and Vernacular Art, Transnational Art in Ghana, Pueblo Architecture dan Ptolemaic Queens akan menjadi topik belajar dan diskusi diantara beberapa intelektual terpilih.

Seniman dan intelektual residensi

Alexa Sekyra, kepala dari Scholars Program menjelaskan bahwa “Sejak 1985, GRI telah mengutamakan beasiswa tersebut, menjadikannya mustahil bagi profesional seni pada tahap-tahap berbeda dalam karirnya untuk menenggelamkan diri dalam proyek riset tertentu, memberikan mereka ruang dan waktu yang didekasikan untuk kebebasan intelektual dan kreatif.” Selama program tersebut, Fiona Tan akan bekerja dalam riset berjudulkan “ An Anthropology of Art, Questions and Challenges.” Seniman residensi sebelumnya di Getty Scholars Program telah mengikutkan seniman visual Tacita Dean, dan seniman pasca minimalis Richard Tuttle.


 
Back to top