Style

Valimor Caliburnus II: Jam Tangan Buat Pejuang Masa Kini

Valimor Caliburnus II adalah perilisan ulang arloji ikonik yang dimulai sejak awal kemunculannya di Kickstarter.

29 Mar, 2021 | Oleh Rai Rahman

 

Nama Valimor berasal dari kata VALIant dan arMOR dan ditujukan untuk melengkapi pejuang masa kini atau modern dengan jam tangan yang andal dan modis. Sesuai dengan tujuan ini, Valimor merilis Caliburnus yang sangat terkenal dan terinspirasi abad pertengahan pada tahun 2018 di Kickstarter. Merek yang sedang naik daun dan berbasis di Hong Kong ini, berhasil mengumpulkan lebih dari tujuan pendanaan awal mereka dengan bantuan lebih dari 200 pendukung. Sekarang, mereka menghadirkan kembali karya yang memulai semuanya, dengan desain dan mesin yang diperbarui.

Seperti yang dapat disimpulkan dari namanya, arloji ikonik Valimor ini terinspirasi dari legenda Celtic tentang Raja Arthur, His Knights of the Round Table, dan dongeng Sword in the Stone, Caliburn. Desainnya yang dipatenkan mengikuti tema Arthurian yang sesuai dimulai dengan casing baja tahan karat 42mm. Seperti pendahulunya, casing Caliburnus II terbuat dari baja tahan karat 316L dengan ukiran bingkai cincin skala naga yang rumit. Lapisan PVD inovatif diterapkan untuk menyempurnakan tampilan jam tangan vintage. Mahkota ini memiliki hiasan yang mirip dan sesuai dengan namanya, terlihat seperti tutup kepala yang dikenakan oleh raja-raja zaman dahulu, diakhiri dengan kristal Swarovski asli. Perpaduan kristal safir dan casing baja tahan karat menghasilkan jam tangan yang sangat tahan lama dan anti gores, sesuai dengan desain baju besi.

Dengan Caliburnus II, Valimor menawarkan lima opsi dial jam tangan baru. Dikenal karena penggunaan bahan eksotisnya saat membuat pelat jam, arloji baru ini tidak mengecewakan. Lima desain dial yang baru semuanya memiliki nama yang tepat; Lake Opal, Flame Opal, Black Knight, Blue Northern Light, dan Sword of the Light. Penggunaan bahan seperti opal sintetis yang dikembangkan di laboratorium dan Mother-of-Pearl asli, di Lake and Fire Opal serta Black Knight, menciptakan nuansa unik dari setiap item, memastikan bahwa tidak ada dua jam tangan yang terlihat sama. Blue Northern Light dan Sword of the Light dicat dengan Super-LumiNova® C1, paling sering terlihat pada jam tangan swiss kelas atas, menciptakan dial bercahaya yang menarik dalam kondisi cahaya redup. Tangan berbentuk pedang berpotongan berlian menghiasi pelat jam yang eksotis, mengikuti inspirasi Arthurian. Tangan pedang yang didesain ulang menggunakan teknik semi-polishing inovatif di mana satu sisi dipoles dan sisi lainnya disikat. Selain memberikan arloji dengan estetika yang sangat bersahaja, kualitas dua warna dari jarum jam juga menjaga kontras terhadap dial di bawah kondisi cahaya yang berbeda untuk memudahkan pembacaan. Dipasangkan dengan indeks terapan yang dilapisi dengan Swiss Super-LumiNova®, pejuang masa kini dapat yakin bahwa keterbacaan tidak akan pernah menjadi perhatian.

Menggerakkan jam tangan adalah mesin jam Cal.8315 terbaru dari Miyota, versi terbaru dari Cal.8215. Mesin otomatis Jepang baru yang seperti pendahulunya, dan memiliki manfaat tambahan dari peretasan, yang memungkinkan pengaturan waktu lebih akurat. Laras dan per utama juga telah ditingkatkan untuk meningkatkan cadangan daya Valimor Caliburnus II hingga 60 jam. Dengan koleksi ini, Valimor telah menunjukkan perhatian yang luar biasa terhadap detail, bahkan menerapkan finishing motif naga yang sama ke rotor mesin jam, yang dapat dikagumi melalui etalase belakang.

Penyelesaian jam tangan ini memberikan dua opsi yakni dengan tali karet NBR yang dirancang khusus atau tali jam baja tahan karat 316L. Stap karet NBR memiliki ketahanan yang lebih baik terhadap minyak dan asam kulit daripada karet alam, dan juga memenuhi persyaratan Restriction of Hazardous Substances (RoHS) untuk memastikan kenyamanan dan daya tahan bebas alergi. Ini mengikuti inspirasi Sword in the Stone dengan desain khusus yang dilakukan oleh desainer grafis Arkadiy Welesov. Gesper tali memiliki beberapa ukiran paling rumit di dunia jam tangan dan menyertakan sepasang batang pegas lepas cepat yang terintegrasi untuk pemasangan yang mudah. Gelang baja di sisi lain, dirancang bekerja sama dengan 200 pendukung Valimor di Kickstarter. Spesifikasi gelang ini adalah hasil dari prototipe yang tak terhitung banyaknya, untuk memenuhi standar yang tepat dari komunitas penggemar Valimor yang berdedikasi dan vokal.

Valimor Caliburnus II yang baru adalah karya seni fungsional yang indah. Dengan desain abad pertengahan, dipatenkan di 27 negara bagian di Uni Eropa, dan penunjukan modern yang inovatif, ini adalah item menakjubkan yang layak ditambahkan ke koleksi ‘prajurit modern’ atau ‘pejuang masa kini’ mana pun. Buka situs web Valimor untuk mempelajari lebih lanjut dan pilih sendiri untuk Anda.

Semua gambar milik Valimor.

Artikel ini bersumber dari: “The Valimor Caliburnus II: A Timepiece for the Modern Warrior”

 


 
Back to top