Daftar Termewah / Termewah & Termahal

Gaun ‘Happy Birthday’ Monroe Terjual Sebesar $4.8 Juta

Gaun ketat Marilyn Monroe yang dipakai saat menyanyikan Presiden John F.Kennedy pada ulang tahun ke-45 memecahkan rekor harga sebesar $4.8 juta pada sebuah pelelangan.

22 Nov, 2016 | Oleh Luxuo

luxuo-id-mmbirthdayblack

Gaun ketat Marilyn Monroe yang dipakai saat menyanyikan Presiden John F.Kennedy pada ulang tahun ke-45 memecahkan rekor harga sebesar $4.8 juta pada sebuah pelelangan.

Gaun warna kulit tersebut, berhiaskan 2,500 kristal jahitan tangan, diharapkan untuk terjual sebesar $2-3 juta, ujar Julien’s Auctions di Beverly Hills.

Ia jatuh ke oleh Ripley’s Believe It or Not!, sebuah kerajaan media Amerika yang menspesialisasi dalam barang-barang aneh dan bersejarah yang memiliki serangkaian museum, termasuk satu di Hollywood.

Gaun tersebut sangat ketat pada Monroe, bahkan cerita mengatakan bahwa sang aktris tidak mengenakan apapun di dalamnya dan harus dijahit ke dalam gaun tersebut sebelum naik panggung di Madison Square Garden pada 1962 untuk bernyanyi dalam suara serak-serak basahnya, menurut rumah lelang tersebut.

Pertama kali dilelang oleh Christie’s pada 1999, gaun Jean Louis tersebut jatuh ke tangan pebisnis Martin Zweig sebesar $1.3 juta.

“Marilyn Monroe menyanyikan ‘Happy Birthday Mr. President’ jelaslah salah satu penampilan dadakan paling terkenal dalam sejarah Amerika,” ujar Darren Julien, presiden dan CEO dari Julien’s Auctions.

“Malam ini merupakan salah satu momen paling penting dalam sejarah kami sebagai perusahaan. Kami sangatlah beruntung untuk berkesempatan menawarkan gaun luar biasa ini dari salah satu bintang paling utama sepanjang masa.”

Monroe meninggal akan overdosis kurang dari tiga bulan setelah penampilan tersebut, sementara Kennedy dibunuh satu tahun setelahnya.

Highlight lainnya dari hari pertama dari pelelangan tiga hari barang-barang Monroe termasuk gaun cocktail “Some Like it Hot” yang terjual sebesar $450,000, dan gaun “Rose Tattoo” yang terjual sebesar $125,000.

Ikon layar lebar

Sepasang sepatu Ferragamo miliknya terjual sebesar $34,000 dan juga gaun tidurnya untuk $59,000.

Popularitas gaun “Mr. President” sangatlah besar bahkan sketsanya karya desainer fashion Bob Mackie terjual $10,000.

“Kami telah mendapatkan kesempatan luar biasa untuk menawarkan obyek unik terkait dengan Marilyn Monroe di masa lalu,” ujar Martin Nolan, direktur eksekutif dari Julien’s.

“Malam ini adalah salah satu dari acara paling luar biasa sepanjang sejarah Julien’s Auctions dan tidak akan terlupakan oleh siapapun.”

Lebih dari 1,000 barang miliknya – koleksi terbesar dalam sebuah pelelangan – terjual selama tiga hari.

Banyak dari barang tersebut didapatkan dari rumah mentor aktingnya, Lee Strasberg, yang meninggal pada 1982.

Dianggap sebagai bapak dari akting metode, ia bekerja dengan banyak bintang termasuk James Dean, Richard Harris, Dustin Hoffman, Jack Nicholson, Al Pacino, Jane Fonda, dan Robert DeNiro.

Starsberg menjalin persahabatan yang dekat dengan Monroe, yang melimpahkan segala harta bendanya kepada ia dalam wasiatnya.

Sang penyanyi dan aktris, salah satu dari bintang paling laris sedunia sebelum kematiannya pada usia hanya 36 tahun di Los Angeles, tetap berada di atas pada daftar koleksi memorabilia selebritis.

Five years ago, the billowing frock she wore on a subway grate in “The Seven Year Itch” – the scene that turned her into a screen icon – sold for a record $5.5 million.

Lima tahun yang lalu, rok mengembang yang ia kenakan diatas lubang udara KRL di “The Seven Year Itch” – adegan yang menjadikan ia ikon layar lebar – terjual sebesar rekor $5,5 juta.

Cerita ini juga tersedia dalam Bahasa Inggris. Baca di sini: Monroe ‘Happy Birthday’ Gown Sold for $4.8m 


 
Back to top