Daftar Termewah / Termewah & Termahal

Visioner Port House Antwerp oleh Zaha Hadid Architects

Desain Zaha Hadid Architects untuk Port House yang baru saja diinaugurasi di Antwerp, adalah perpaduan dari referensi sejarah dan visi evokatif tentang masa depan.

08 Okt, 2016 | Oleh Luxuo
luxuo-id-zha_port_house-1

Antwerp Port House

Desain Zaha Hadid Architects untuk Port House yang baru saja diinaugurasi di Antwerp, adalah perpaduan dari referensi sejarah dan visi evokatif tentang masa depan.

Antwerp di Belgia adalah pelabuhan pengiriman terbesar kedua di Eropa, mengatur 26 persen dari kontainer pengiriman benua tersebut tetapi kekurangan markas bagi stafnya. Departemen arsitektur dari pemerintah Flemish dan otoritas Kota dan Pelabuhan kemudian mengorganisasi kompetisi desain untuk kantor utama yang baru. Satu-satunya persyaratan adalah untuk mempertahankan markas pemadam kebakaran yang berada disana.

Basis dari desain juara Zaha Hadid Architects adalah riset sejarah, yang diikuti usaha gabungan dengan konsultan peninggalan bidang restorasi dan renovasi monumen bersejarah. Ekstensi tinggi ini memahkotai bangunan pemadam kebakaran di bawahnya dalam jukstaposisi yang cerdas antara desain Hanseatis baru dan lama.

Lapangan tengah markas damkar yang lama tertutup oleh atap kaca, dimana pengunjung dapat mengakses ruang baca publik dan perpustakaan. Ekstensi baru tersebut menghadirkan panorama kota dan pelabuhan. Eksteriornya berlapis beku yang merefleksikan perubahan warna-warna langit. Sudut-sudut segitiga, perpaduan transparan dan buram, cahaya matahari yang memadai, serta mereferensikan pada reputasi Antwerp sebagai kota berlian.

Bangunan baru ini adalah tempat aktif profesional dengan ruang pertemuan, kantor terbuka, auditorium, dan restoran. Pilihan desain yang berkelanjutan dan hemat energi (meraih predikat lingkungan ‘Sangat Baik’ dari BREEAM) meminimalisir konsumsi air dan memaksimalisir cahaya siang hari.

Jika struktur originalnya mempertahankan “abad keemasan” Antwerp di tahun 1500an, Marc Van Peel, presiden dari Pelabuhan Antwerp, mengatakan, “saat ini diatas yang asli, sebuah struktur kontemporer dalam kaca berkilau telah dibangun, yang saya yakin merepresentasikan abad keemasan baru untuk Antwerp.”

Struktur ini adalah satu diantara lebih dari 30 proyek yang sedang berkembang di waktu meninggalnya sang pendiri studio Zaha Hadid awal tahun ini.

luxuo-id-zha_port_house-2

Port House, Antwerp diinagurasi September 22, 2016 © Hufton+Crow


 
Back to top