Gaya Hidup / Travel

Panduan ke Belize: 6 Aktivitas di Destinasi Populer 2017

Negara Amerika Tengah Belize, berada di tengah-tengah Meksiko dan Guatemala, memiliki banyak penawaran bagi para turis yang ingin mengejar alam liar.

02 Jan, 2017 | Oleh Luxuo

 

luxuo-id-belize-1

Amerika Latin bersiap untuk menjadi kunci dari tren liburan pada 2017. Dengan Kolombia dan Kosta Rika mulai naik daun, negara Amerika Tengah Belize, berada di tengah-tengah Meksiko dan Guatemala, memiliki banyak penawaran bagi para turis yang ingin mengejar alam liar. Berikut adalah beberapa dari atraksi yang harus dikunjungi di British Honduras.

Sorotan budaya: Situs arkeologi Xunantunich

Para pengunjung dapat melakukan pencarian sejarah purba Belize di situs arkeologis Maya Xunantunich di batas Guatemala. Penikmat budaya yang tidak takut akan kekurangan infrastruktur bagi turisme dalam negara tersebut – yang mencakup area total sekitar 23,000 km per segi (atau 8,900 mil per segi) – dapat mengunjungi reruntuhan Maya untuk menangkap foto perlambang Belize. Dan juga, situs arkeologis tersebut berada diatas bukit yang menawarkan pemandangan memesona.

Menikmati alam liar: Kebun Binatang Belize

Rumah untuk spesies yang berasal asli dari negara Amerika Tengah, Kebun Binatang Belize merupakan salah satu yang harus dikunjungi bagi para pecinta binatang. Kebun binatang tersebut menjaga para binatang yang tidak memiliki orang tua, diselamatkan, terlahir disana, direhabilitasi atau didonasikan, serta merumahkan mereka dalam kondisi semirip mungkin dengan habitat alami mereka di alam liar. Kebun binatang tersebut merupakan tempat yang bagus untuk menyaksikan jaguar, puma, dan kucing margay, serta menghadirkan instalasi yang memperbolehkan pengunjung untuk melihat jaguar dari dekat secara aman. Kebun binatang tersebut juga memiliki waktu kunjung malam hari untuk menonton binatang setelah gelap.

Great Blue Hole, Belize, merupakan area selam. (Photo credit: Avi_Cohen_Nehemia / Istock.com via AFP)

Ekskursi esensial: Menyelami Great Blue Hole

 

luxuo-id-belize-2

Rumah dari sistem karang koral terbesar kedua di dunia, membentang sepanjang 130 km (81 mil), Belize merupakan destinasi prima bagi penyelam dan snorkeler. Terdapat banyak lokasi yang dapat dituju, namun area penyelaman paling terkenal adalah Great Blue Hole, sebuah lubang kapal selam yang menjadi terkenal ketika Jacques Cousteau, seorang petugas dan petualang asal Perancis menamainya sebagai situs selam 10 teratas di dunia. Sebuah perjalanan ke situs tersebut membutuhkan perencaan cukup matang, karena Hole tersebut, yang berukuran lebih dari 300 meter dalam diameter (984 kaki), adalah berlokasi 80 km (50 mil) lepas pantai dan berada diantara Belize Cayes, sebuah seri atas koral cayes di Laut Karibia. Perjalanan ini juga membutuhkan budget tertentu.

Aktivitas petualangan: eksplorasi peradaban purba Maya di gua bawah tanah

Belize memiliki banyak gua bawah tanah, digunakan oleh peradaban Maya kuno untuk menghormati para dewa. Hari ini, turnya diorganisasi untuk pengunjung yang penuh petualang yang tertarik menemukan sejarahnya dalam ekskursi penuh aksi. Tur tersebut melibatkan trekking sungai, ngarai dan pendakian hutan, contohnya. “Actun Tunichil Muknal” merupakan gua paling terkenal untuk dikunjungi.

Area mendatang: Corozal dan tepian Karibia

Sebelumnya dikenal sebagai British Honduras, bekas koloni Inggris ini adalah satu-satunya negara berbahasa Inggris di Amerika Tengah. Bahasa resmi mereka adalah Inggris, namun kedekatan Belize dengan negara berbahasa Spanyol menjamin bahwa negara tersebut memainkan peran penting di kehidupan sehari-hari, disisi Creole, Garifuna dan banyak lagi. Faktanya, Belize merupakan lokasi percampuran budaya dan bahasa. Tepian Karibia merupakan tempat yang cocok untuk menyerap perbedaan budaya ini. Kunjungi kota Corozal untuk melihat pengaruh kolonial Spanyol dan cicipi hidangan laut yang lezat. Jauh ke selatan, kota resort dari Placencia adalah populer dengan berbagai turis.

Pasar autentik: Kunjungi ibukota, Belmopan dan pasar kotanya

Penggemar dari pasar lokal dapat menuju Belmopan, ibukota yang sangat kecil dari negara tersebut. Dibangun dari ibukota sebelumnya, Belize City, sebagian besar dirusakkan oleh Hurricane Hattie pada 1961, pengunjung dapat merasakan cita rasa autentik dari Belmopan dan 15,000 residennya dengan berjalan-jalan di sekeliling pasar kotanya, dimana berbagai macam orang dapat berkunjung dan bertemu.

Cerita ini juga tersedia dalam Bahasa Inggris. Baca disini: Guide to Belize, aka British Honduras: 6 things to do in the trending travel destination of 2017


 
Back to top