Gaya / Arloji & Perhiasan

Review: Patek Philippe World Timer Ref. 5230

Baru pada 2016, Patek Phillipe Ref. 5230 telah bersiap untuk menggantikan seluruh penghitung waktu dunia di merek tersebut. Ini berarti ia adalah model terbaru dan terupdate dari jam tangan tersebut. Tanpa ragu, pembuat ini terus memperbarui seluruh jam tangannya, namun untuk penghitung waktu dunia, ini adalah spesial, terlihat bahwa dunia juga terus berubah.

12 Nov, 2016 | Oleh Luxuo

luxuo-id-patekphillipe

Salah satu dilema paling menyiksa namun juga paling menyenangkan yang harus dihadapi oleh kolektor jam tangan adalah keharusan memilih sebuah komplikasi Patek Phillipe, apalagi jika itu adalah jam tangan rumit Patek Phillipe pertamanya – bahwa itu bukanlah yang terakhir untuk beberapa individu yang beruntung. Ketika hati Anda berpikir hal tersebut harus menjadi kalender tahunan, otak Anda berkata itu harus yang model kronograf. Namun ada juga penghitung waktu dunia, yang telah Anda idam-idamkan sekian lama…

Tidak perlu repot bertanya pada Siri, kecuali Anda ingin ia mematikan diri – atau mengalami kerusakan sistem. Serta tidak perlu bertanya pada Google kecuali Anda ingin merusak Internet, yang akan menjadi jauh lebih buruk. Namun bukan berarti kami tidak memiliki solusi yang telah kami perdebatkan bertahun-tahun. Perlu diingat: tidak ada pilihan yang benar ataupun salah. Hanya ada pilihan yang tepat, seperti Patek Phillipe World Time Ref. 5230.

Baru pada 2016, Patek Phillipe Ref. 5230 telah bersiap untuk menggantikan seluruh penghitung waktu dunia di merek tersebut. Ini berarti ia adalah model terbaru dan terupdate dari jam tangan tersebut. Tanpa ragu, pembuat ini terus memperbarui seluruh jam tangannya, namun untuk penghitung waktu dunia, ini adalah spesial, terlihat bahwa dunia juga terus berubah. Persisnya, indikasi dari zona waktu juga akan melihat berbagai fluktuasi sesekali. Beberapa zona sekarang didefinisikan oleh kota-kota baru: Dubai mengganti Riyadh, sebagai contohnya, dan Brisbane mengganti Noumea (ibukota Kaledonia Baru).

Pada 2014, Moskow berpindah dari UTC +4 ke UTC +3. Dengan begitu, Ref. 5230 adalah platform sempurna untuk merefleksikan seluruh perubahan ini, meskipun, tampilan waktu dunia bukan hanya bagian dari jam tangan tersebut yang diperbarui. Patek Phillipe mengambil kesempatan untuk memperbarui kasing, pemutar, dan jarum, memberikan jam tangan tersebut penampilan baru yang menyegarkan, namun tidak terlalu jauh dari versi originalnya.

Tentang kasing tradisional Calatrava, lugs dan bezel berhak mendapat sebutan spesial. Lugs bergaya winglet memberikan nuansa old-school dan bezel sempit mengkilap membedakannya dari versi penghitung waktu dunia sebelumnya. Tidak seperti Ref. 5131, jam tangan ini tidak memiliki ukiran “Patek Phillipe” dan “Geneve” pada bezel – untuk setiap kolektor yang menyukai sentuhan ini, akan sedikit kecewa akan hilangnya detail kecil namun berharga.Jarumnya juga merupakan bagian lain dari jam tangan tersebut yang akan diperbarui. Sebelumnya, jarum jam emas berbentuk cincin. Sekarang, ia merefleksikan kontur dari konstelasi Southern Cross. Jarum menit, juga berubah dari Dauphine ke bentuk lozenge. Kedua jarum tersebut menandai jalan individual sekeliling pemutarnya yang menghadirkan pusat hand-guillochéd dengan pola anyaman keranjang rumit vieux panier. Bagian pusat dari penghitung waktu dunia Patek Phillipe selalu menjadi sumber kesenangan dari penyuka jam tangan, seperti biasanya ia menunjukkan guillochage dalam berbagai gaya (grain d’orge, sunburst, dan lain-lainnya) atau enamel cloisonné, menampilkan, dengan tepat, peta dunia.

Selain itu, estetika kuncinya tidak berubah, dengan lingkaran kota melingkari pemutar dan cincin 24 jam dengan indikasi siang/malam. Waktu lokal mereferensikan pada waktu dalam kota yang diindikasikan oleh ujung merah panah pada pukul 12, sementara 23 zona waktu lainnya dapat diartikan melalui sekilas pandang. Kontrol cincin 24 jam tersebut dengan menekan tombol pada angka 10, yang disinkronisasikan dengan jarum jam. Jarum menit, namun begitu, dapat disesuaikan secara bebas ketika Anda bepergian ke kota dengan dengan perbedaan setengah atau seperempat jam.

Spesifikasi

  • Dimensi: 38.5mm
  • Fungsi: Jam, menit, waktu dunia dengan 24 zona waktu
  • Simpanan tenaga: 48 jam
  • Pergerakan: Self-winding Calibre 240 dengan 24 zona waktu dan micro-rotor memberikan 48 jam simpanan tenaga
  • Material: Putih atau emas merah muda
  • Ketahanan air: 30 meter
  • Tali: Kulit buaya berjahit tangan dalam warna hitam atau cokelat dengan engsel fold-over.

Artikel ini pertama kali dipublikasikan di World of Watches.

Cerita ini juga tersedia dalam Bahasa Inggris. Baca di sini: Review: Patek Philippe World Timer Ref. 5230 


 
Back to top