Motoring / Otomotif

Lotus Evora Sport 410: Sangat Cepat

Dalam mengembangkan coupé Lotus Evora Sport 410 yang baru, Lotus ingin menciptakan ikon yang tepat, bukan sekedar kesenangan instan bagi penggemar balap di akhir minggu. Lotus ingin menciptakan mobil super “murni” yang dapat dipertimbangkan sebagai penerus dari model ikonik aslinya – Esprit Sport 300.

11 Nov, 2016 | Oleh Luxuo

luxuo-id-lotus-evora-sport-410

Dalam mengembangkan coupé Lotus Evora Sport 410 yang baru, Lotus ingin menciptakan ikon yang tepat, bukan sekedar kesenangan instan bagi penggemar balap di akhir minggu. Ini menjadi suatu pekerjaan yang membutuhkan ribuan jam tinjauan model yang sudah ada dalam detail mikroskopis untuk mencari cara menguatkan performa jalan dan trek tanpa menambah berat. Lotus ingin menciptakan mobil super “murni” yang dapat dipertimbangkan sebagai penerus dari model ikonik aslinya – Esprit Sport 300.

Dalam hal statistik vital, ia bekerja dengan baik. Dengan 410hp, V6 3.5-liter supercharged di bawah kap karbon fibernya, ia menjadi sang penakluk. Lotus Evapora Sport 410 mematikan balap hingga 60mph dalam 3.9 detik dan menaiki hingga kecepatan utama pada 190mph. Esprit Sport 300 membutuhkan ekstra 0.8 detik untuk mencapai 60mph dan mencapai batasnya pada 168mph.

Namun, yang dimiliki oleh kedua mobil tersebut adalah mereka berbobot ringan seiring kemajuan teknologi telah diatur sehingga akan melekat pada satu trek atau jalan seakan-akan tarmac terbuat dari baja dan mobil tersebut bermagnet.

Tentang apakah kedua mobil tersebut akan dianggap sebagai model Lotus ikonik, pada akhirnya tidak akan menjadi permainan angka tentang seberapa baik mobil baru ini terjual. Ini akan tergantung pada minatnya berbagai pemilik dan penggiat Lotus, apa yang mereka rasakan. Meskipun begitu, Lotus jelas menyenangi kesempatannya dengan Evora Sport 410.

“[Mobil ini] mendefinisikan sebuah periode dimana kami memproduksi mobil-mobil terbaik,” ujar Jean-Marc Gales, CEO dari Group Lotus plc. “Kecepatan balistiknya dapat berarti, di tangan yang tepat, tak terkalahkan. Kami telah mencapai banyak sekali dalam perkembangan platform Evora, dan Sport 410 kemungkinan adalah satu mobil paling maju yang pernah kami buat.”

luxuo-id-interior

Dalam harga £82,000 (€108,500), ia adalah salah satu seri paling mahal yang pernah diproduksi sepanjang sejarah Lotus. Harga tersebut menempatkannya sejajar dengan Porsche 911, Jaguar F-Type Coupe dan berbagai M-powered BMWs serta AMG Mercedes.

Namun Lotus masih dapat menarik perhatian khalayak karena ia dibangun agar pengemudi yang berminat dapat menggunakan seluruh kapabilitas mobil tersebut sepanjang waktu. Lotus menjanjikan bahwa bahkan ketika mobil tersebut berada di batas 190mph, masih terdapat traksi dengan baik.

“[Ia] memberikan tenaga dan presisi dari mobil Lotus yang diperbarui. Kami telah mengangkat isu tentang berat ini ke level yang baru, mendemonstrasikan dengan sempurna prinsip kami tentang kepandaian teknik,” ujar Gales.

Namun begitu, mobil tersebut tetap harus nyaman. Terdapat kabin berlapis Alcantara, sistem infotainment layar sentuh dengan pilihan bespoke komplit melalui program Exclusive yang baru saja diluncurkan Lotus.

Evora Sport 410 akan terbatas sejumlah 150 model setiap tahun dan model spesifik untuk Amerika Utara akan dikeluarkan musim panas depan.

Cerita ini juga tersedia dalam Bahasa Inggris. Baca di sini: Lotus Evora Sport 410: Ludicrously Fast 


 
Back to top