Budaya / Seni Rupa

Kreasi Artistik dan Emosional Tunku Khalsom Berakar dari Apresiasinya akan Hidup dan Kegembiraan

Tunku Khalsom dikenal berkat karyanya yang menggunakan nuansa chaos dan warna-warna memukau, sembari merangkul konsep ‘Hidup, Cinta dan Perubahan’.

08 Sep, 2020 | Oleh Rai Rahman

Sebagai seorang seniman otodidak, dan lulusan Arsitektur Interior berdarah Malaysia dan Inggris, Tunku Khalsom dikenal berkat karyanya yang memancarkan nuansa chaotic dan warna-warna memukau. Merangkul konsep ‘Hidup, Cinta, dan Perubahan’, Khalsom menggabungkan warna-warna mencolok dan terang dengan emosi yang berbeda, sembari menggunakan keahliannya untuk menampilkan mood dan pikiran sekaligus. Dengan karya-karya yang terdapat di kediaman kolektor di hampir seluruh negara di Asia, Amerika Serikat, dan Yunani, Khalsom juga pernah menggelar pameran karyanya di Affordable Art Fair Singapore dan Asian Art Platform Galler. Saat ini ia sedang menyelesaikan koleksi terbarunya dan seri gambar komisi yang ia buat sesuai pesanan.

Kreasi Artistik dan Emosional Tunku Khalsom Berakar dari Apresiasinya akan Hidup dan Kegembiraan

Only Ones Who Know (Hanya Pada Mereka yang Tahu), 90x90cm Mixed media in acrylic / Black wood frame.

Anda lahir di Malaysia, menempuh pendidikan di Inggris, dan kini tinggal di Singapura. Mana yang Anda sebut sebagai ‘rumah’?

Mungkin inilah salah satu pertanyaan tersulit yang saya dapat. Saya lahir di Johor, Malaysia, dari ayah seorang Malaysia dan ibu berdarah Inggris, tapi saya bertumbuh di Kuala Lumpur bersama tiga saudara laki-laki saya. Saat musim liburan, kami menghabiskannya di resort keluarga di Pulau Rawa, pulau kecil mengesankan di bagian tenggara Malaysia. Itu benar-benar tempat yang spesial dan penting bagi keluarga saya untuk beberapa generasi.

Saya pindah ke Inggris ketika saya berusia 17 tahun dan tinggal delapan tahun di London dan kemudian Brighton, di mana saya melanjutkan studi di perguruan tinggi. Kemudian setelah beberapa tahun kembali ke KL, dan pindah ke Singapura. Itu sekitar 2010. Jadi di mana ‘rumah’? Saya tidak tahu, saya memiliki banyak rumah. Semua tempat memiliki tempat spesial di hati saya, dan saya tidak merasa hanya terpaut pada satu tempat saja. Dan siapa tahu…akan ada banyak lagi tempat di masa yang akan datang!

Keluarga Anda berkecimpung di bisnis Hospitality, Anda menamatkan studi di bidang Arsitektur Interior. Bagaimana latar belakang dan studi ini memberi dampak pada karya seni Anda?

Sejak masih muda, saya selalu melukis dan meletakkan karya saya di resort. Tidak pernah bagus banget, mungkin bisa dibilang jelek, dan itu membuat saya tertawa sekarang karena ibu saya masih memiliki beberapa karya itu di rumahnya. Saya tertawa geli sendiri setiap melihatnya, dan meminta dia untuk berhenti memajangnya, tapi ia masih terus melakukannya.

Semalu itu, sekarang saya melihat karya-karya itu sebagai bagian dari perjalanan panjang yang membuat saya berada di posisi saat ini. Sebuah perjalanan yang mungkin tidak akan pernah saya sadari bahwa saya pernah berada di masa itu hingga saat ini. Saya tak pernah berpikir bahwa saya benar-benar menganggap saya pernah ‘memamerkan’ karya saya untuk lebih dari 20 tahun hingga kini! Itu benar-benar di luar imajinasi.

Latar belakang saya adalah di bidang Arsitektur Interior, dan saya telah merancang beberapa hotel dan resort dalam beberapa tahun terakhir, saya merasa itu membantu saya untuk memahami akan ruang sebagai keseluruhan, dan hubungannya dengan karya seni saya, itu membantu saya mempelajari komposisi dan keseimbangan. Ketika bekerja atau menyelesaikan satu karya, itu membantu saya mengetahui ruang seni seperti apa yang akan saya bikin, melihat apakah saya dapat memasukkan warna dan elemen dari ruang ke dalam karya.

Saya menyukai bahwa seni adalah cara sempurna untuk membawa ruang ke dalam satu wadah. Gaya desain saya sangat ‘sederhana dengan aksesori gila’. Cara yang sama untuk apa yang saya lakukan di rumah dan cara saya berpakaian. Pakaian hitam, tapi hidup penuh warna.  Hah.

Skullfly Pink 90x90cm

Ceritakan lebih jauh akan ketertarikan Anda pada tengkorak dan kupu-kupu yang kerap hadir dalam kreasi atau karya Anda?

Kupu-kupu telah mengikuti saya sejak saya berusia 16 tahun dan tato pertama saya juga gambar kupu-kupu. Saya melihatnya sebagai sesuatu yang indah apa adanya, dan menjadi impian saya yang terus berputar di kepala. Sejak saya menemukan bahwa ada sisi gelapnya, saya tak lagi melihatnya seperti hal yang sama karena benar-benar menjijikkan, tapi kamu masih tetap bisa membayangkannya. Saya menyukai gagasan akan kejutan, dan memberi sesuatu yang tak terduga, pada setiap kisah yang dibangun. Saya menyukai mereka karena itu.

Seperti yang kita ketahui, kupu-kupu juga simbol perubahan, metamorfosis, dan kombinasinya dengan tengkorak maka akan menjadikan hidup, kematian, perubahan, dan cinta, semua hal yang kita alami dalam hidup.

Juga, saya berpikir bahwa mereka sangat keren jika disandingkan bersama.

120x120cm, mixed media on wood.

Anda menggunakan warna-warna terang dan mencolok di karya Anda. Bagaimana Anda menggambarkan gaya dari karya Anda?

Gaya saya cukup chaotic atau kacau, dengan banyak tekstur dan coretan di hampir setiapnya. Tekstur yang saya gunakan juga kasar dan bergelombang, mereka terdapat retak dan celah-celah, tekstur yang buat orang normal akan dianggap jelek, pecah, yang kemudian saya kombinasikan dengan banyak warna! Saya terobsesi dengan warna, bagaimana yang satu bercampur dengan yang lainnya, bagaimana kontras warna-warna dapat menjadi satu, bagaimana kombinasi random dapat memberi kejutan. Saya suka melihat ketika kamu melapisi warna dan tekstur, dan kamu tidak pernah tahu apa hasil akhir yang akan kamu dapatkan.

Buat saya, makin terang dan berwarna, makin baik, tapi saya memelajari bahwa untuk menyeimbangkannya dengan warna lebih gelap dan warna-warna lebih netral. Di karya saya, saya mencari keindahan di tengah kekacauan, keindahan dalam ketidaksempurnaan.

SkullfkyGrey 90x90cm

Kini Anda memiliki kolektor dari seluruh dunia, di Singapura, Malaysia, London, Brunei, Australia, Yunani dan Amerika Serikat. Apa makna diakui buat Anda?

Itu berarti segalanya buat saya, mengetahui bahwa karya-karya saya ada di rumah mereka, rasa spesial ketika mengetahui karya yang saya buat memberi kebahagiaan pada orang lain setiap hari, dan itu sebuah keistimewaan. Saya benar-benar ingin mengisi dunia dengan warna dan juga yang chaos.

Two minds 120 cm Dia. Mixed media on wood board.

Sebutkan lima kata yang dapat menggambarkan karya seni Anda?

Terang, Mencolok, Chaos, Menawan, Warna.

Apakah ada seniman yang menginspirasi Anda dalam hal dunia seni Inggris? Bagaimana menurut Anda akan Damien Hirst?

Saya menyukai Nat Bowen, ia seniman yang benar-benar menarik, karya resinnya memiliki warna mencolok dan banyak layer yang ia ciptakan. Memberi kenikmatan tersendiri ketika melihatnya.

Sue Arrowsmith adalah seniman Inggris lainnya yang juga tak kalah menariknya. Ia melukis beberapa karya berukuran besar dengan detail tanaman dan bunga dalam warna-warna terang atau panel metalik. Mereka semua mengesankan.

Damien Hirst….Raja tengkorak dan kupu-kupu, bagaimana saya tidak jatuh cinta dengannya. Beberapa karyanya dalam beberapa tahun terakhir, sangat ‘menarik’, tapi kamu tidak bisa mengagumi seseorang yang telah membuat rekam jejak kariernya lewat seni. Karya-karya buatannya sangat beragam yang terpengaruh dari seniman berbeda, dan apa yang mereka ciptakan. Bukankah ada yang bilang meniru adalah bentuk paling tulus dari sebuah kekaguman.

No Place, 50x70cm mixedmedia on wood

Apa peran yang dapat dilakukan seniman di masyarakat?

Seniman adalah pencatat peristiwa, menangkap segala sesuatunya dari kejadian yang baru saja terjadi hingga informasi warna terbaru, dan medium terkini. Beberapa diantaranya yang kini dituangkan ke dalam ‘kanvas’. Seniman mengusung perasaannya ke dalam karya, mereka memprovokasi pikiran dan juga emosi ke dalam karya, membawa warna dan kehidupan, dan juga kegembiraan. Atau mereka hanya sekadar membuat sesuatu yang enak untuk dilihat!

Neon Pink 90×90 cm mixed media on wood board / acrylic edges.

Kapan dan di mana kami dapat melihat pameran tunggal berikutnya?

Pertanyaan bagus…saya belum yakin akan itu. Covid telah memberi dampak, tapi ada beberapa hal yang saya sedang kerjakan untuk akhir tahun yang berat ini, jadi tunggu saja nanti.

No Rain 120x120cm, mixed media on acrylic.

Di mana kami dapat melihat karya Anda online, apakah dijual?

Lewat Instagram tentu saja, di mana kamu dapat melihat apa yang saya sedang kerjakan saat ini. Di sana terdapat sejumah video proses dan detail dari beberapa karya saya. Saya juga punya situs pribadi, yang menampilkan beberapa karya dan sudah selesai di sana.

Saya juga direpresentasikan oleh Addicted Art Gallery di sini di Singapura, dan Art Beyond Borders di Paris, mereka akan menampikan karya saya ekslusif. Dan ya, ada banyak yang dijual!

You were right’ 50x70cm mixed media on wood.

Anda menerima tawaran komisi gambar (commission). Bagaimana proses kerjanya? Apakah ada hal spesifik?

Ya, saya mengerjakan beberapa komisi gambar. Klien dapat memberi tahu ukuran dan pilihan warna yang mereka inginkan, lalu gaya lukisan saya yang mana mereka sukai, dan dari sana kita mulai bikin.

Ada banyak tekanan dengan komisi gambar, terutama saya ingin membuat sesuatu yang diinginkan dan disukai oleh klien. Pemesan biasanya telah punya ide akan apa yang mereka inginkan di kepala mereka, yang tentu saja tidak bisa dilihat kasat mata, jadi ini yang agak sulit. Komunikasi adalah kunci! Kemudian dari sana beranjak pada keterbukaan pikiran, yang juga sangat dibutuhkan. Namun, saya benar-benar stres seperti orang gila hingga saat mereka melihat hasil akhir dan menyukainya.

Beyond 165x90cm mixed media on wood.

Jika ada satu nama mentor yang menginspirasi Anda di kehidupan dan jalan yang Anda ambil saat ini sebagai seniman, siapakah dia?

Saya tidak punya satu mentor khusus, tapi saya punya beberapa orang yang sangat mengagumkan, yang membantu saya dalam proses yang saya jalani. Mereka biasanya selalu ada di samping saya dalam keadaan apapapun, selalu mendorong dan mendukung, serta menantang saya. Mereka mendapatkan ratusan foto dari lukisan yang jelek dan gagasan gila, dan tidak pernah mengeluh. Haha, sangat sulit untuk dapat kritik yang tidak bias dari mereka, tapi saya sangat bersyukur. Terima kasih, terima kasih, terima kasih, kamu tahu siapa yang saya maksud.

Tunku Khalsom saat ini bisa dikontak visa email atau instagram, dengan info lebih lengkap terdapat di situsnya.

email: [email protected]

instagram: https://www.instagram.com/khalsom.art

situs: https://www.tunkukhalsom.com/


 
Back to top