Gaya / Arloji & Perhiasan

MB&F Balthazar: Permainan Waktu yang Kelam Namun Ceria

MB&F memelintir waktu dengan lihai dengan jam meja Balthazar – meskipun sebenarnya menyebut Balthazar hanya sebagai jam adalah sangat tidak tepat. Memang, MB&F adalah pembuat jam Swiss yang sudah kami bicarakan berkali-kali.

07 Okt, 2016 | Oleh Ashok Soman
luxuo-id-balthazar_in-situ_light_lres

Jam meja Balthazar oleh MB&F

MB&F memelintir waktu dengan lihai dengan jam meja Balthazar – meskipun sebenarnya menyebut Balthazar hanya sebagai jam adalah sangat tidak tepat. Memang, MB&F adalah pembuat jam Swiss yang sudah kami bicarakan berkali-kali. Klik pada tag MB&F bila Anda seorang peragu. Secara pribadi, saya telah beberapa kali bertemu orang-orang dari MB&F selama beberapa tahun saya menyambangi ruang-ruang BaselWorld (seperti Bono, saya pun belum menemukan apa yang saya cari) dan selalu pulang dengan terhibur, tidaklah lain. Terhibur di tempat riuh seperti BaselWorld bukanlah perkara remeh.

luxuo-id-balthazar_close-up_combo

Tampak dekat Balthazar

Nilai hiburan inilah yang terpikir oleh saya ketika melihat jam Balthazar, yang menunjukkan (perlahan) lompatan jam dan cakupan menit, seiring 20-detik penunjuk detik mundur, 35-hari indicator simpanan tenaga dan indikator fase bulan. Membaca deskripsi seperti ini namun hanya akan mengurangi kekuatan Balthazar dan tidak memberitahu Anda apa yang sangat menarik, kecuali Anda seorang pecinta jam.

Faktanya, Balthazar sangat menarik sehingga TechCrunch mendedikasikan Bagian 23 dari seri Goofy Rich-Person Gadgetry kepadanya. Sebagai pecinta teknologi yang terhormat, TechCrunch menyebut Balthazar sebuah “kebaruan” dibuat dengan tangan dijual untuk kaum berada. Mereka juga menyebut MB&F pembuat jam yang mewah. Inilah kebanyakan dari mereka yang paham teknologi pikir atas jam tangan dan pembuatan jam mewah, tetapi jangan khawatir, kami akan berusaha untuk memperbaikinya. Bila tidak berhasil, mungkin Balthazar harus menyinari mereka dengan sinar mematikannya.

luxuo-id-balthazar_green_light_lres

Balthazar berbaju hijau

Namun, MB&F tidak hanya memposisikan diri pada kaum kaya, seperti yang mereka demonstrasikan dengan Sherman dan Melchior. Balthazar adalah sebuah mainan, dengan sendi yang dapat digerakkan dan segalanya, tetapi jangan salah, ini mainan untuk orang dewasa. Pendiri Max Busser cukup terbuka bahwa yang dibuat oleh MB&F adalah objek terinspirasi dari masa kecilnya sendiri. Dalam hal ini, kami menduga MB&F menyalurkan Antoine de Saint Exupery, jika Anda menerima Busser sebagai Little Prince.

Seperti jam meja/pahatan kinetik sebelumnya, pergerakan disini adalah oleh L’Epée, spesialis jam meja bernilai tinggi. Bertinggi sekitar 40 cm, Balthazar terbuat dari 618 komponen namun berhati yang sepenuhnya terbuat dari fantasi. Ketika Anda memutar badan Balthazar 180 derajat, Anda dapat melihat wajahnya yang mengancam, komplit dengan tengkorak menyerupai Terminator. Sejujurnya, Balthazar mengingatkan kami akan Iron Giant, yang sebenarnya jauh dari masa kecil Busser namun mungkin terkait dengan pengalaman klasik dan universal.

Balthazar membawa kunciannya di tamengnya (di lengan kanan) dan memilki lengan yang dapat bergerak, di bahu dan siku, serta tangannya dapat meraih objek. Sementara badannya dapat berotasi, kaki Balthazar adalah statis agar dapat lebih stabil. Omong-omong, mesin ini berberat 8.2 kg sehingga ia membutuhkan sokongan yang mencukupi.

Spesifikasi

  • MB&F dan L’Epée Balthazar
  • Dimensi: 39.4mm x 23.8mm x 12.4mm
  • Fungsi: Lompatan jam perlahan, cakupan menit, tampilan hitung mundur 20-detik, indikator simpanan tenaga, indikator fase bulan di dobel belahan bumi
  • Simpanan tenaga: 35 hari
  • Pergerakan: Mekanis, caliber manual-winding 1839, oleh L’Epée
  • Ketahanan air: NA (Balthazar tidak berenang)
  • Material: Kuningan berpoles palladium penuh, dengan baju zirah warna hitam, perak, biru dan hijau
  • Terbatas sejumlah 200: 50 berwarna hitam, 50 bewarna perak, 50 bewarna biru, dan 50 bewarna hijau.

 
Back to top