Gaya / Arloji and Perhiasan

Pesona ‘Ultrathin Tourbillon Koi’ Arnold & Son

Arnold & Son menyoroti tradisinya akan kreasi jam tangan unik, menawarkan pada publik kesempatan untuk membuat jam tangan yang bisa dimodifikasi sendiri. Untuk hal spesial ini, pelanggan dapat mengaplikasikan perubahan yang substansial, dari mulai membuat bagian penutupnya (case), penunjuk jam atau jarum jam yang unik melalui gem-setting, hingga gambar miniatur atau elemen yang diukir khusus untuk bagian dalam.

01 Sep, 2020 | Oleh Rai Rahman

Apakah ada ‘kanvas’ yang lebih menarik perhatian bagi seorang seniman, jika bisa mengukir atau membuat bagian dalam dari sebuah jam tangan? Koleksi khusus Arnold & Son ‘Ultrathin Tourbillon Koi’ dan bagian-bagian yang terdapat di dalamnya akan menjadi tantangan bagi siapapun dari label Citizen Group Swiss ini. Arnold & Son menghadirkan Ultrathin Tourbillon Koi, koleksi jam tangan unik yang menggabungkan pembuatan jam tangan terbaik dengan kreasi yang artistik.

Arnold & Son merupakan warisan dari pembuat jam tangan Inggris ternama abad 18, John Arnold, pionir dalam marine chronometer dan ketepatan tourbillon. Ultrathin A&S8200 tourbillon adalah satu diantara dua puluh kaliber yang dihadirkan hingga hari ini oleh Arnold & Son, yang dibagun, dikembangkan, serta didekorasi oleh anak perusahaannya La Joux-Perret. Membuat kreasi yang menonjol, dengan kreativitas mengesankan ke dalam Ultrathin Tourbillon Koi.

Kerajinan artistik yang bertemu dengan proses pembuatan mumpuni untuk koleksi Arnold & Son Ultrathin Tourbillon Koi

Arnold & Son menyodorkan kemungkinan mengesankan lewat kehadiran jam tangan dengan mesin kaliber A&S8200. Jam ini menjadi tourbillon teramping di dunia, dengan model yang sangat artistik dari teknik pembuatan klasik dalam hal membuat gambar bagian dalam, mengukirnya, dan menyelesaikan bagian luar. Ultrathin Tourbillon Koi menunjukkan akan keluasan spektrum dari rumah produksi label ini dengan menggunakan case red-gold berukuran 8,34mm untuk ketebalannya, menangkap kedinamisan dan ketenangan dalam setiap jengkal ‘kanvasnya’.

Menghadirkan dua ikan di antara tiga bunga teratai, Arnold & Son menggabungkan yang tradisional dalam pembuatan jam tangan dengan kerajinan atau kreasi para artisan dalam memenuhi keinginan dari klien akan jam tangan unik dan menonjol lewat Ultrathin Tourbillon Koi. Ikan karper Tancho, yang mudah dikenali berkat tanda merah berukuran besar di bagian kepalanya, seolah berenang di bagian kanan dari jam tangan, ditemani oleh ikan koi lainnya dalam warna putih dan oranye yang ada di samping kiri di antara hiasan bunga teratai yang diukir dan dibuat tangan.

Simbol dari pelestarian akan keberagaman, Koi populer sebagai tema tradisional seni Jepang dan menyimbolkan akan ketenangan. Sementara, tiga teratai mekar yang hadir menemani ikan dan terpatri dipotong dari perak dan dibentuk sedemikian rupa sebelum kemudian disemir dan ditambahkan vernis. Setiap kelopak bunga dibuat terpisah menggunakan teknik khusus secara terpisah, tidak digabungkan. Dalam prosesnya, para kreator mereplikasi serta menginterpretasi akan motif bunga yang khas dari Asia Timur tersebut.

Bagian ikan dan bunga teratai dilukis tangan menggunakan brush yang sangat tipis, memberi perhatian pada detail, diantaranya pada ukuran, barbel, dan sirip bergaris. Bagian dasar dari jarum jam tangan dibuat dari mother-of-pearl bernuansa biru, dengan bahan serbuk berkilau yang seolah mencerminkan air dan menjadikannya enak untuk dilihat.

Kreasi menonjol Arnold & Son: ketika keindahan bertemu gaya mekanis elegan dalam koleksi Ultrathin Tourbillon Koi.

Mesin tipis 2,97 mm kaliber A&S8200 menempatkan koleksi Ultrathin Tourbillon Koi dari Arnold & Son mencetak rekor sendiri dalam hal jam teramping melampaui Octo Finissimo Tourbillon. Desain tampilannya menunjukkan penunjuk waktu jam dan menit di bagian atas (atau di jarum jam 12). Sementara di bagian bawah (atau kerap jadi penunjuk jam 6) terdapat apertur yang menampilkan tourbillon yang dikonstruksi khusus.

Stacked from 18 images. Method=B (R=8,S=4)

Seperti diketahui Tourbillon adalah teknologi yang menjaga tingkat akurasi jam mekanik dari pengaruh gaya gravitasi bumi. Teknologi ini merupakan variasi dari escapement yang didesain untuk mengurangi pengaruh gravitasi pada escapement. Ini juga yang menjadi salah satu perhatian khusus dari koleksi Ultrathin Tourbillon Koi Arnold & Son. Berhubung bagian atasnya dibuat terpisah, beberapa milimeter lebih tinggi dari mesin, keseimbangan atau proporsional dari penempatannya ini menghasilkan visual yang dinamis dan mengesankan khususnya bagi tourbillon. Fitur menarik lainnya adalah keseimbangan dari bagian mesin yang ditempatkan dengan tepat, yang menegaskan gerak jam tangan tak terpengaruh oleh hal lainnya.

Arnold & Son menyoroti tradisinya dalam hal menghadirkan kreasi jam tangan yang menonjol, menyodorkan kesempatan pada publik untuk memodifikasi sendiri jam tangan mereka. Pelanggan dapat melakukan perubahan substansial, dari mulai membuat case jam tangan, mendesain jarum atau penunjuk jam yang unik lewat gambar, gem-setting atau elemen lainnya.

Spek Ultrathin Tourbillon Koi Arnold & Son terbaru

Movement mesin kaliber manual A&S8200 dengan 90 jam power reserve

Case 42mm red-gold dengan ketahanan air di kedalaman 30 meter

Strap kulit

Harga 89,000 Franc Swiss atau 1,4 miliar rupiah.


 
Back to top