Gaya / Fashion

10 Nominasi Beazley Designs of the Year 2016

Kami mencintai desain yang hebat dan kami yakin Anda pula, sehingga meliput nominasi Beazley Designs of the Year 2016 adalah sangat mudah.

07 Okt, 2016 | Oleh LUXUO
luxuo-id-fondazione_prada

Fondazione Prada

Kami mencintai desain yang hebat dan kami yakin Anda pula, sehingga meliput nominasi Beazley Designs of the Year 2016 adalah sangat mudah. Anda mungkin kebingungan dengan nama tersebut, namun pada dasarnya, ini adalah Design Museum di dalam Designs of the Year London yang terkenal. Mereka sangat terkenal dan namanya memang hanya Design Museum dan Designs of the Year, sebenarnya sangat tidak bagus untuk SEO (jika pihak Museum ada yang memperhatikan).

Saat ini dalam tahun kesembilannya, Beazley Designs of the Year merayakan desain yang dirilis selama 12 bulan terakhir yang “mempromosikan dan menghadirkan perubahan, mengadakan akses, memperpanjang praktek desain atau menangkap spirit dari tahunnya,” seperti yang tertera di pesan resmi Museum. Para nominasi akan terpampang di Design Museum di London dari tanggal 24 November 2016 – 19 Februari 2017, ketika lokasinya dibuka kembali di markas baru di London Barat. Ah, tentang nama itu lagi. Beazley bukanlah berusaha untuk mengasosiasikan sebuah penghargaaan dengan nama, melainkan hanyalah nama dari sponsor tahun ini.

luxuo-id-fondazione_prada

Fondazione Prada di Milan oleh OMA © Oleh Fondazione Prada, Foto oleh Bas Princen

Nominasi dalam enam kategori meliputi arsitektur (dari skala kecil hingga taman publik), fashion (koleksi kelulusan siswa hingga rumah fashion ikonik), grafik (kemasan cantik, buku, majalah, merek, desain eksibisi, tipe huruf), produk (furnitur, mainan, kemasan, pencahayaan, teknologi, peralatan rumah tangga), plus proyek digital dan transportasi.

Yang menonjol dari kategori arsitektur tahun ini termasuk Tate Modern Switch House yang baru saja diselesaikan oleh Herzog & de Meuron, Fondazione Prada yang bercatkan daun emas di Milan oleh firma Rem Koolhaas OMA, 600 bangunan apartemen residensial yang melandai bersiluet menyerupai sirip hiu di Manhattan karya Bjarke Ingels, serta Harbin Opera House bergelombang yang menampilkan dua area konser dan plaza publik hasil karya studio Beijing MAD Architects.

luxuo-id-manhatttan-residential

Bangunan residensial di Manhattan oleh Bjarke Ingels Group © Foto oleh Nic Lehoux

Nominasi grafik termasuk poster protes dari desainer Malaysia yang dapat diakses daring oleh para demonstran, perangkat pertolongan pertama yang cerdas serta desain sampul album final dari David Bowie. Sampul album Bowie tersebut dirilis pada ulang tahun musisi ikonik tersebut (dan beberapa hari sebelum kematiannya). Kesederhanaan yang kelam tersebut dimaksudkan sebagai refleksi dari mortalitas musisi itu, menurut kolaborator grafik desain Jonathan Barnbrook, yang membuat lima dari sampul album Bowie.

Susunan produk mencakup Space Cup untuk astronot, kamera Kodak Super 8 yang mengkilap, peralatan dapur Muji yang minimalis, serta figur-figur LEGO. Kandidat lainnya, sepatu lari Adidas x Parley, menggunakan teknologi pembuatan sepatu yang sudah ada namun mengganti komponen sintetik yang biasa dengan benang terbuat dari jaring memancing yang didaur ulang dari laut.

luxuo-id-overview_of_pic

Perangkat pertolongan pertama bagi pengungsi oleh Erwin k. Bauer, Anne Hoffman, Dasha Zaichanka, Katharina Holzl, Miriam S. Koller © Foto oleh buero bauer

Koleksi yang diproduksi oleh Craig Green, Agi and Sam, dan Richard Malone ditonjolkan dalam kategori fashion. Kategori transportasi melingkupi kompas digital untuk sepeda dan helm sepeda yang didanai massal. Kategori digital mencakup OpenSurgery, sebuah robot operasi do-it-yourself untuk laparoscopy di rumah.

Pemenang akan dipilih dari setiap kategori, dan satu pemenang umum akan diumumkan pada 26 Januari 2017.

Pemenang sebelumnya termasuk Heydar Aliyev Center karya Zaha Hadid (untuk Republik Azerbaijan) di 2014, dan hadiah 2015 jatuh kepada alat mikro dibuat untuk menyerupai struktur jaringan kompleks tubuh manusia, didesain oleh duo dari Wyss Institute di Universitas Harvard.

Berikut adalah 10 desain yang menarik perhatian kami kali ini. Gambar-gambar lebih lanjut akan ditampilkan setelah rehat.

  • 1. Harbin Opera House oleh MAD architects
  • 2. Fondazione Prada di Milan oleh OMA
  • 3. Bangunan residensial di Manhattan oleh Bjarke Ingels Group
  • 4. Perangkat pertolongan pertama bagi pengungsi oleh Erwin k. Bauer, Anne Hoffman, Dasha Zaichanka, Katharina Holzl, Miriam S. Koller
  • 5. Sepatu lari Adidas x Parley oleh Adidas Sustainability Team, Adidas Design Team, Alexander Taylor, Parley for the Oceans, Sea Shepherd
  • 6. Tokyo Tribal oleh Nendo
  • 7. Precious Plastics oleh Dave Hakkens
  • 8. Peralatan dapur MUJI oleh Naoto Fukasawa
  • 9. Kamera Kodak Super 8 oleh Yves Behar, Ilgu Cha, Sarah Neurnberger, Steven Overman, Danielle Atkins
  • 10. Space cup oleh Mark Weislogel, Andrew Wollman, John Graf, Donald Pettit, Ryan Jenson
luxuo-id-adidas_x_parley

Sepatu lari Adidas x Parley oleh Adidas Sustainability Team, Adidas Design Team, Alexander Taylor, Parley for the Oceans, Sea Shepherd

luxuo-id-tokyo_tribal_ch

Tokyo Tribal oleh Nendo. © Foto oleh Akihiro Yoshida

luxuo-id-working_with_th

Precious Plastics oleh Dave Hakkens. © Foto oleh Dave Hakkens

luxuo-id-pop_up_toaster_-bc

Peralatan dapur MUJI oleh Naoto Fukasawa.

luxuo-id-kodaksuper8came

Kamera Kodak Super 8 oleh Yves Behar, Ilgu Cha, Sarah Neurnberger, Steven Overman, Danielle Atkins. © Foto oleh fuseproject

luxuo-id-astronaut_crist

Space cup oleh Mark Weislogel, Andrew Wollman, John Graf, Donald Pettit, Ryan Jenson. © Foto oleh Samantha Cristoforetti (ESA NASA)

Cerita ini juga tersedia dalam bahasa Inggris. Baca di sini: 10 Nominees for Designs of The Year 2016 


 
Back to top