Gaya / Fashion

Wawancara: Desainer Esther Louise Dorhout Mees

Relaxnews bertemu dengan desainer Esther Louise Dorhout Mees sebelum show-nya di Paris Fashion Week pada tanggal Oktober 2 untuk lebih mengenal koleksinya.

15 Okt, 2016 | Oleh Luxuo

esther-louise-dorhout-mees

Relaxnews bertemu dengan desainer Esther Louise Dorhout Mees sebelum show-nya di Paris Fashion Week pada tanggal Oktober 2 untuk lebih mengenal koleksinya. Selain membahas karya terkininya dan inspirasinya untuk musim ini, sang desainer juga mengutarakan pendapatnya tentang revolusi “see now, buy now” (lihat sekarang, beli sekarang) yang sedang melanda industri fashion.

Deskripsikan siluet koleksi womenswear untuk koleksi musim spring/summer 2017 anda?

Kombinasi siluet ramping, sangat organik dan kaya akan gerakan – dalam bentuk-bentuk struktural dan arsitektural.

Apa atau siapa yang menginspirasi koleksi spring/summer 2017 anda?

Sambaran petir dalam sosok manusia, dan bagaimana itu akan terlihat. Ketika anda selamat pada saat semburan listrik merambat pada tubuh manusia, hal itu akan meninggalkan bekas luka yang menakjubkan pada kulit. Di satu sisi, mereka sangat kelam, tetapi juga indah di waktu yang sama. Inilah dimana listrik bergerak melalui benda-benda dan menemukan jalur dengan resistansi terendah. Ini menginspirasi saya untuk melihat bekas luka pada kulit dan pergerakan cahaya, panas, dan listrik melalui benda-benda dan dampaknya pada sebuah materi.

Kepada siapakah koleksi ini ditujukan? Wanita seperti apa?

Saya selalu berkarya untuk wanita yang sama. Ini bukan mengenai berapa umurnya atau dimana dia berasal – saya tidak tertarik pada itu. Saya ingin berkarya untuk wanita yang memiliki mindset tertentu dalam hidup, wanita yang goal-oriented dan bertekad untuk mewujudkan impiannya. Saya mengagumi dia yang berkemauan kuat untuk menggapai tujuannya. Dia menggunakan fashion dengan natural, sebagai salah satu cara dia mengekspresikan identitasnya dan perasaannya pada hari itu. Saya senang menjadi bagian dari hidupnya, dan membantu dia merasa lebih empowered untuk menjalani harinya.

Siluet busana wanita masa kini bebas dari berbagai batasan – tidak ada lagi hal yang tabu dalam berpakaian. Apakah masih memungkinkan untuk merevolusi fashion di tahun 2017?

Menurut saya itu tergantung apa makna ‘merevolusi’. Kini bukan lagi tentang membebaskan diri dari korset, atau panjang rok wanita… Untungnya, kita sudah selesai dengan itu. Tetapi tentunya, fashion adalah pertanyaan dan jawaban untuk apapun yang terjadi dalam budaya dan cara pikir kita di suatu masa. Fashion akan selalu mempertanyakan, mencengangkan, menekankan atau mengembangkan. Apapun yang kita anggap mencengangkan, baru, atau segar akan selalu menjadi hal yang bertumbuh.

Dengan “see now buy now” dan penggabungan koleksi menswear dan womenswear, wajah dunia fashion sedang berganti. Bagaimana anda melihat masa depan?

Menurut saya memang sedang terjadi perubahan, yang bukan hal jelek. Tetapi juga… sedikit mengambang antara apa yang dulu dan apa yang akan datang… Seperti mencari, mempertanyakan dan mempertahankan di satu sisi, dan melawan sambil mencoba hal-hal baru di sisi lain, seperti masa pubertas. Saya tidak tahu dimana tujuannya – itulah menariknya. Tetapi inilah dimana seharusnya fashion berada di mata saya: kian berkembang dan berevolusi.


 
Back to top