Motoring / Otomotif

Aston Martin AM-RB 001, Mobil F-1 di Jalan Raya

Proyek terbaru Aston Martin dan Red Bull ini adalah binatang futuristik yang akan segera muncul di jalan raya terdekat. Ya, mobil ini kabarnya road-legal.

09 Sep, 2016 | Oleh Luxuo

Aston Martin AM-RB 001, Mobil F-1 di Jalan Raya

Proyek terbaru Aston Martin dan Red Bull ini adalah binatang futuristik yang akan segera muncul di jalan raya terdekat. Ya, mobil ini kabarnya road-legal. “Apakah kita sudah sampai di tahun 2050?” Anda mungkin akan bertanya seperti ini setelah melihat Aston Martin AM-RB 001. Kita baru sampai pertengahan 2016, namun anda tidak salah bertanya seperti itu. Proyek terbaru Aston Martin dan Red Bull ini adalah binatang futuristik yang akan segera muncul di jalan raya terdekat. Ya, mobil ini kabarnya road-legal.

Aston Martin AM-RB 001 dirancang bersama oleh Adrian Newey, desainer yang telah 10 kali menjuarai Formula One – yang kini bekerja untuk Red Bull Racing – dan Marek Reichman, direktur kreatif Aston Martin. Hypercar ini diproyeksikan bertenaga hingga 1.000 bhp, yang membuat mobil ini bagaikan roket dengan dua kursi. Mobil ini merupakan mobil F1 yang akan menyalip anda di jalan raya.

luxuo-id-mobil-f-di-jalan-raya-aston-martin-am-rb-001-4

Tenaga mobil seberat 1.000 kg ini dihasilkan oleh mesin V12 naturally-aspirated, ultra-compact baru, dengan perkiraan rasio weight-to-power 1: 1 (baca: satu bhp per kilogram). Tenaga raksasa itu memungkinkan mobil ini mengitari Silverstone lebih cepat dibanding mobil Formula satu. Rasio ajaib ini hanya pernah dicapai satu mobil lain, yaitu Koenigsegg One:1. Aston Martin juga berjanji bahwa penampilan mobil ini akan membuat trinitas tahun lalu yaitu McLaren P1, LaFerrari dan Porsche 918 tak berkutik.

Bobot mobil siap jalan pertama Newey ini hanya 1.000 kg dan pada dasarnya AM-RB 001 lebih ringan dari Hyundai Elantra, yang memiliki berat sebesar 1,350kg dan hanya bertenaga 126 bhp. Luangkan waktu anda sejenak dan cobalah hitung rasio weight-to-power AM-RB 001, kemudian anda akan menyadari jika dua mobil tersebut berdampingan jalan raya adalah bagaikan menempatkan Jesse Eisenberg dan Conor McGregor di arena UFC.

luxuo-id-mobil-f-di-jalan-raya-aston-martin-am-rb-001-2

“Saya ingin AM-RB 001 berbentuk kecil dan ringan, dengan powertrain yang sangat responsif. Gaya aerodinamis tidak selalu membuat mobil ini lebih menyenangkan dikemudikan, tapi gaya ini menghasilkan efek yang membuat anda berpikir bahwa anda bisa melaju lebih cepat dari yang Anda bayangkan. Kami mencoba beberapa konfigurasi – V6 twin-turbocharged, V8 turbo – tapi pada akhirnya kami memilih V12 untuk mencapai daya yang kami cari”, jelas Newey.

Agar pengalaman mengemudi anda tak terlalu mengerikan, Newey kemungkinan besar akan menerapkan suspensi aktif untuk mengimbangi downforce yang besar pada kecepatan tinggi. Namun, Newey menegaskan bahwa mobil ini akan menjadi pengalaman mengemudi yang nyaman.

luxuo-id-mobil-f-di-jalan-raya-aston-martin-am-rb-001-1

“Kita juga berbicara tentang pengalaman mengemudi, bukan hanya statistik. Bagaimana perasaan Anda di dalam mobil, menikmati kesenangan dalam mengemudi, merasa terlibat di dalamnya,” kata Newey.

Versi balap dari AM-RB 001 juga akan diproduksi secara terbatas sebanyak 25 unit. Mobil tersebut akan dimodifikasi lebih lanjut dengan menambahkan sayap dan diffuser yang lebih besar, ban lebih luas serta kabin yang sudah dilucuti, untuk menyamai catatan waktu LMP1 (Le Mans Prototype 1). Diperkirakan sebanyak 99-150 pelanggan akan mendapatkan versi standar jalan raya mobil ini pada akhir 2018.

AM-RB 001 merupakan nama sementara mobil ini. Nantinya, mobil ini sudah memiliki nama baru yang tepat di saat kami memberitakan penjualan resmi model ini. Kita juga bersiaga menunggu kabar tak terelakkan dari Aston Martin bahwa AM-RB 001 benar-benar terjual habis.


 
Back to top