Style / Arloji and Perhiasan

Eksplorasi dan Elegansi: Gaya Hidup Blancpain ‘Fifty Fathoms Bathyscape’

Sebagai pelopor jam tangan penyelam, nilai dan komitmen terhadap lautan adalah hal yang membedakan Blancpain, dan pemilik Blancpain Fifty Fathoms Bathyscaphe dari penggemar jam tangan selam biasa.

09 Nov, 2020 | Oleh Rai Rahman

blancpain

Blancpain, mitra pendiri ekspedisi Gombessa, telah mendukung proyek ambisius penyelam, ahli biologi, dan fotografer bawah air Laurent Ballesta selama delapan tahun. Tujuan Ekspedisi Gombessa V adalah untuk mempelajari, memotret, dan mempresentasikan kepada publik area yang kurang dikenal di Laut Mediterania.

Setiap misi yang dipimpin Ballesta di hotspot keanekaragaman hayati ini, kerap berkaitan dengan  misteri ilmiah, tantangan menyelam antara 60 dan 120m, dan janji akan gambar yang luar biasa berkat penjelajahan tanpa batas waktu; metode pertama di dunia yang dikembangkan oleh Gombessa.

Eksplorasi dan Elegansi: Gaya Hidup Blancpain ‘Fifty Fathoms Bathyscape’

Membutuhkan dua tahun persiapan, Gombessa V berlangsung di lepas pantai Mediterania Prancis. Selama ekspedisi itulah Laurent Ballesta dan tiga rekannya mencapai peringkat pertama di dunia: mengasosiasikan penyelaman saturasi dengan scuba menggunakan pernafasan sirkuit tertutup. Didukung di darat oleh tim yang terdiri dari 30 orang profesional, keempat pria itu menghabiskan 28 hari berada di bawah air, di stasiun pemandian seluas 5m2, lalu berangkat setiap hari untuk menjelajahi lingkungan bawah air di kedalaman 60 hingga 145 meter.

Pendekatan inovatif ini dimungkinkan berkat perpaduan unik dari dua teknik yang sebelumnya terpisah: penyelaman saturasi, penyelaman rekreasi yang dalam, dan tentu saja, bakat mengesankan dari pabrikan jam tangan penyelam perintis – Blancpain. Terkenal karena memperkenalkan alat selam profesional pertama di dunia kepada dunia, Fifty Fathoms dan model Bathyscaphe berikutnya juga menjadi jam tangan yang populer, terlepas dari apakah mereka pergi menyelam atau tidak. Fifty Fathoms Bathyscaphe baru hadir dalam dial dan bezel biru dengan varian casing emas Sedna.

‘Fifty Fathoms Bathyscaphe’ emas Sedna dengan dial Biru

The Blue of the Fifty Fathoms Bathyscaphe melambangkan semangat dan komitmen Blancpain terhadap dunia bawah laut, serta komitmen manufaktur Le Brassus terhadap ekspedisi Gombessa. Warna gelap yang menunjukkan kedalaman gairah yang tercermin dari eksplorasi penuh gairah Ballesta di dunia bawah laut. Pantulan gemerlap dari pelat jam Blancpain ‘Fifty Fathoms Bathyscaphe’ dengan emas Sedna mencerminkan permainan cahaya yang sering ditemui Ballesta selama persinggahan di bawah air.

Dibuat dari emas Sedna – paduan emas, tembaga, dan paladium yang menjamin daya tahan luar biasa dari ’emas merah baru’ Fifty Fathoms Bathyscaphe, serta dilengkapi dengan casing 43 mm yang menampilkan garis tegas dan sentuhan satin yang memberikan Bathyscaphe tampilan yang sporty namun canggih.

Sejalan dengan itu, kemitraan antara Institut National de la Plongée Professionnelle (INPP) dan Andromède Océanologie dari Laurent Ballesta, yang didukung oleh Blancpain dan lembaga lainnya, mengingatkan kita pada pembuatan jam tangan penyelam Fifty Fathoms yang simbolik di awal 1950-an. Arloji selam pola dasar yang dibuat bahkan sebelum Rolex Submariner dan Omega Seamaster karena Blancpain memainkan peran visioner dalam mengenali upaya Kapten Bob Maloubier dari “Nageuers de combat” Prancis (French Navy SEALS) dalam menciptakan jam tangan penyelam yang mampu menangani kerasnya aktivitas pasukan khusus Prancis.

Komitmen terhadap Lautan: Bathyscaphe Mokarran Limited Edition

Sejak itu, Blancpain telah memainkan peran penting dalam penemuan kemegahan dunia bawah laut. Inisiatif terbaru yang didukung oleh program Blancpain’s Ocean Commitment (BOC) dikhususkan untuk mempelajari hiu martil besar di Polinesia Prancis. Sebagai kelanjutan dari proyek ini, Blancpain mempersembahkan jam tangan penyelam yang diterbitkan dalam 50 seri khusus – – Bathyscaphe Mokarran Limited Edition- untuk predator ini.

Inisiatif seperti ‘Fifty Fathoms Bathyscaphe Mokarran Limited Edition’ adalah contoh nyata dari wujud warisan Blancpain dengan setiap model Bathyscaphe Mokarran Limited Edition yang tersedia secara eksklusif di butik Blancpain di New York dan Las Vegas. Penggemar yang membeli satu dari koleksi ini akan bergabung dengan Blancpain dalam mendukung Mokarran Protection Society hingga senilai US$1.000. Total US $50.000 akan ditambahkan untuk kontribusi reguler dari label tersebut dalam upaya mempromosikan, menghormati, dan melindungi dunia bawah laut yang menakjubkan; dan jika Anda kecewa dengan varian hijau yang menarik ini, dalam beberapa jam kita akan menyaksikan peluncuran resmi ‘Bathyscaphe Chronographe Flyback’ berwarna hijau zaitun, model ini akan tersedia di seluruh dunia.

blancpain

Fifty Fathoms Bathyscaphe Chronograph Flyback yang baru hadir dalam case keramik hitam 43,6 mm yang dilapisi satin dengan bingkai cincin yang dapat diputar dengan sisipan keramik hijau. Kaliber F385 Manufaktur, terlihat melalui penutup belakang kristal safir, menggerakkan kronograf frekuensi tinggi yang memungkinkan setiap detik dibagi menjadi interval 1/10.

Apa artinya memakai jam tangan penyelam Blancpain

Upaya-upaya seperti disampaikan di atas dan ekspedisi Gombessa Ballesta adalah yang memungkinkan bagi Blancpain untuk lebih memahami dunia di bawah. Sebagai hasil dari komitmen Blancpain, upaya bersama mereka akan memungkinkan 4 penyelam menjalani pengalaman yang belum pernah terjadi sebelumnya: menghabiskan 28 hari di kompleks saturasi 5m2 dan meninggalkannya setiap hari untuk menjelajahi zona 100m di mana total 400 jam waktu penyelaman diakumulasi di ketidakpastian dalam  laut. Terlepas dari keadaan yang ekstrim, teknik yang belum pernah terjadi sebelumnya ini memungkinkan penyelam untuk menemukan dan memotret 21 spesies bawah air baru, sehingga mengungkap rahasia Mediterania yang dijaga dengan baik.

Pada saat kita dihadapkan pada bukti tak terbantahkan tentang ketidakseimbangan iklim dan kepunahan spesies, sebuah misi yang menggunakan teknik penelitian ilmiah mutakhir untuk mempelajari ekosistem, mengirimkan pesan harapan. Baik itu Ekspedisi Gombessa: misi ekologis, dan janji fotografi yang luar biasa atau Komitmen Laut Blancpain, siapa pun yang mencari asosiasi simbolis yang lebih dalam tentang apa artinya memakai jam tangan penyelam bonafide akan menemukan seperti yang dilakukan Ballesta, bahwa Blancpain benar-benar hidup sesuai dengan alasannya dibuat atau ‘raison d’etre’.


 
Back to top