Budaya / Seni Rupa

The Creative Act: Guggenheim Abu Dhabi

Dengan dinantikannya penyelesaian dari bangunan yang didesain oleh Frank Gehry, Guggenheim Abu Dhabi akan mengadakan eksibisi keduanya di Manarat Al Saadiyat dari 8 Maret, 2017, berjudulkan ‘The Creative Act’.

14 Nov, 2016 | Oleh Luxuo

luxuo-id-abudhabi2

Dengan dinantikannya penyelesaian dari bangunan yang didesain oleh Frank Gehry, Guggenheim Abu Dhabi akan mengadakan eksibisi keduanya di Manarat Al Saadiyat dari 8 Maret, 2017.

Berjudulkan ‘The Creative Act’, eksibisi tersebut akan merayakan seniman dari latar belakang dan generasi bermacam-macam, dipersatukan melalui kontribusi artistik yang berpusat di sekitar penampilan, proses, dan kehadiran manusia. Akan terdapat lebih dari 25 medium karya berbeda untuk ditampilkan dari instalasi, lukisan, fotografi, pahatan, video dan karya dalam kertas.

Sejak tahun 1960an, seniman seperti Rasheed Araeen dan Mohammed Kazem telah mengadopsi konsep ‘penampilan’. Sementara, ide dari ‘proses’ atau ‘aksi kreasi’ akan diabadikan diantara kreasi Shiraga Kazuo, Tanaka Atsuko, Niki de Saint Phalle, Günther Uecker dan Anish Kapoor.

Susan Hefuna akan mempresentasikan instalasi video, diantara berbagai karya yang mengeksplorasi tema kehadiran manusia melalui sebuah koreografi terinspirasi oleh gerakan sehari-hari. Ia juga memeriksa aksi fisik dalam proses artistik, dan bagaimana orang lain terintegrasi dalam sebuah penggambaran artistik.

luxuo-id-abudhabi

Grafit diatas kertas dan kertas kalkir. 34.3 x 41.9 cm; 59.7 x 47 cm. Guggenheim Abu Dhabi. © Susan Hefuna. Foto oleh Rhona Hoffman Gallery, Chicago. “The Creative Act” di Guggenheim Abu Dhabi

“The Creative Act” mengikuti sebuah eksibisi inaugurasi oleh Guggenheim Abu Dhabi yang bertempat pada 2014, juga di Manarat Al Saadiyat.

Sementara eksibisi kedua ini mengindikasikan bahwa karya di museum berlanjut – seorang perwakilan dari museum memberi tahu The Art Newspaper yang bekerja dalam strategi kuratorial dan koleksi tersebut “sedang berkelanjutan” – bangunan masa depan museum tersebut masih dalam perkembangan.

Didesain oleh arsitek pemenang Pritzker Prize, museum tersebut akan disituasikan pada peninsula di ujung barat laut pulau Saadiyat di sebelah Abu Dhabi. Terinspirasi dari ruang industrial studio, galeri dengan berbagai ketinggian, bentuk dan karakter akan menghadirkan koleksi seni global museum tersebut dari 1960an hingga masa kini.

https://www.guggenheim.org

Cerita ini juga tersedia dalam Bahasa Inggris. Baca di sini: The Creative Act: Guggenheim Abu Dhabi 


 
Back to top