Budaya / Seni Rupa

Singapore Biennale 2016: Panduan An Atlas of Mirrors

“An Atlas of Mirrors”, sebuah pertunjukan terdiri dari 58 karya oleh 63 seniman dan kolektif seni dari 19 negara di Asia Tenggara, Timur dan Selatan.

26 Des, 2016 | Oleh Luxuo

luxuo-id-zulkiflie-mahmod_sonicreflection_2016_image-courtesy-of-singapore-art-museum_1

Dari tempat kita berada, bagaimana kita menyaksikan dunia? Ini merupakan pertanyaan yang tim kuratorial Singapore Biennale telah menanyakan tahun ini. Hasilnya adalah “An Atlas of Mirrors”, sebuah pertunjukan terdiri dari 58 karya oleh 63 seniman dan kolektif seni dari 19 negara dan wilayah-wilayah Asia Tenggara, Timur dan Selatan.

Judul tersebut merupakan referensi kepada “atlas dan cermin yang telah menjadi penting dalam eksplorasi manusia di dunia seraya kita bernavigasi dan peta dari petualangan ke daerah tak diketahui,” jelas Dr. Susie Lingham, direktur kreatif dari Singapore Biennale 2016. “Diharapkan judul yang evokatif tersebut, yang mengacukan arah kuratorialnya, akan menarik dan menginspirasi penonton untuk mengeksplorasi dan mengalami berbagai cara melihat dunia dan diri sendiri.”

luxuo-id-deng-guoyuan_noahs-garden-ii_2016_image-courtesy-of-singapore-art-museum

Noah’s Garden II karya Deng Guoyuan di Singapore Biennale 2016 (Photo courtesy of Singapore Art Museum)

Terdapat sembilan ‘zona konseptual’ atau subtema – bernamakan ruang, waktu, memori, alam, batasan, agensi, identitas, perubahan tempat dan ketidakhadiran – dan setiap zona terdiri dari karya-karya individual dalam dialog dengan satu sama lain untuk menghadirkan karya final. Lebih dari 80 persent dari 58 karya seni dikomisikan secara spesial atau diadaptasi untuk edisi kelima dari Singapore Biennale. Karya-karya ini dari berbagai media menghadirkan perbedaan pandangan artistic dari pembuatnya, seraya mereka merefleksikan sejarah mereka dan realita saat ini di dalam wilayah tersebut.

Singapore Biennale 2016, sekarang hingga 26 February 2017, Singapore Art Museum dan venue lainnya. Tiket masuk seharga $20 untuk dewasa (tambahan $3 untuk multiple entry pass); $10 bagi siswa dan lansia (tambahan $3 untuk multiple entry pass); gratis untuk anak dibawah 6 tahun; dan $52 untuk keluarga (terdiri dari 2 orang dewasa & 2 anak). Buka pada 10 pagi hingga 7 malam tiap hari kecuali Jumat, yang tutup pada 9 malam. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di laman Singapore Biennale.

Cerita ini juga tersedia dalam Bahasa Inggris. Baca disini: Singapore Biennale 2016-2017 exhibitions: A short guide to An Atlas of Mirrors 


 
Back to top