Budaya / Seni Rupa

Lelang Seni Bowie Sebesar $41 Juta: Sotheby’s

Lelang David Bowie ini melelang koleksi seni dari legenda music tersebut, berakhir dengan penjualan sebesar hampir £33 juta ($41.5 juta). Bahkan, eksibisi dari karya-karya tersebut menarik pengunjung yang menarik rekor, ujar Sotheby’s pada Sabtu. Perkiraan dari penjualan tersebut dikatakan sekitar $13 juta.

13 Nov, 2016 | Oleh Luxuo

luxuo-id-basquiat_air

Kami tidak yakin rekor macam apa ini namun lelang David Bowie di Sotheby berhak dikenal sebagai acara penting. Acara London ini melelang koleksi seni dari legenda music tersebut, berakhir dengan penjualan sebesar hampir £33 juta ($41.5 juta). Bahkan, eksibisi dari karya-karya tersebut menarik pengunjung yang menarik rekor, ujar Sotheby’s pada Sabtu. Perkiraan dari penjualan tersebut dikatakan sekitar $13 juta.

Setiap barang dalam koleksi tersebut, yang termasuk lebih dari 130 karya seni modern dan kontemporer Inggris, terjual dalam sebuah seri penjualan seiring antusiasme pembeli akan koleksi almarhum musisi tersebut melebihi perkiraan.

Eksibisi dari karya-karya tersebut di London mengundang 51,470 pengunjung, kehadiran tertinggi dari eksibisi pra-penjualan di ibukota Inggris, ujar rumah lelang tersebut.

Lelang tersebut dikunjungi oleh 1,750 pelelang, dengan lebih dari 1,000 lelang lagi daring.

“koleksi seni pribadi David Bowie menangkap imajinasi dari dari puluhan ribu pengunjung yang mengunjungi eksibisi kami dan ribuan yang berpartisipasi dalam penjualan,” ujar Oliver Barker, ketua dari Sotheby’s Eropa.

Koleksi tersebut menawarkan “pandangan segar ke dalam pikiran kreatif dari salah seorang figur budaya terbesar dalam waktu kita,” ujarnya.

Penjualan dari karya Damien Hirst, Henry Moore dan Marcel Duchamp diantaranya bertotal £32.9 juta ($41.5 juta, 38.3 juta euro), ujar Sotheby’s.

Item terjual paling mahal dalam koleksi Bowie, kanvas terinspirasi graffiti bernamakan “Air Power” oleh Basquiat, sebesar £7.09 juta. Karya tersebut diharapkan untuk mendapatkan diantara £2.5 dan £3.5 juta.

Bowie membeli “Air Power” dan lukisan lainnya dari seniman tersebut, yang meninggal atas overdosis di 1988 dalam usia 27, tidak lama sebelum biopik pada 1996 “Basquiat”, dimana sang rocker memainkan idola awalnya Andy Warhol.

Rekor terbaru tercetak untuk lebih dari setengah jumlah seniman direpresentasikan dalam penjualan “White Glove” atas karya-karya Bowie, menurut Sotheby’s.

Frank Auerbach’s “Head of Gerda Boehm” sold for a record £3.8 million. Bowie once said of the painting: “My God, yeah! I want to sound like that looks.”

“Head of Gerda Boehm” karya Frank Auerbach terjual rekor sebesar £3.8 juta. Bowie pernah berkata tentang lukisan tersebut, “Ya Tuhan, ya! Saya ingin terdengar seperti itu terlihat.”

Bowie seperti dikutip di New York Times pada 1998 mengatakan bahwa seni, “adalah satu-satunya hal yang ingin saya punyai.”

Seorang juru bicara atas rumahnya mengatakan bahwa sang musisi “menikmati berbagi karya dalam koleksinya… mendukung karya seni dan seniman yang merupakan bagian dari dunianya.”

Cerita ini juga tersedia dalam Bahasa Inggris. Baca disini: Bowie Art Auction Nets $41 Million: Sotheby’s 


 
Back to top