Budaya / Seni Rupa

NASA – Petualangan Manusia di ArtScience Museum

NASA – A Human Adventure, yang dibuka pada 19 November di Marina Bay Sands ArtScience Museum, adalah sebuah eksibisi yang sepenuhnya didedikasikan pada petualangan epik manusia ke yang tak diketahui.

29 Nov, 2016 | Oleh Luxuo

luxuo-id-overview-of-innovation-gallery

NASA – A Human Adventure, yang dibuka pada 19 November di Marina Bay Sands ArtScience Museum, adalah sebuah eksibisi yang sepenuhnya didedikasikan pada petualangan epik manusia ke yang tak diketahui. Bagian dari musim terkini museum tersebut, eksibisi ini juga satu yang terbesar dalam jenisnya yang berada di Singapura.

Ia menawarkan pengunjung sebuah kesempatan untuk menjadi bagian dari ekspedisi di balik langit. Lebih dari 200 artefak bersejarah dari perjalanan antariksa akan ditampilkan pada acara tersebut dan diorganisir dalam lima galeri bertema berbeda.

luxuo-id-dreamers-gallery

Dreamers Gallery

Galeri pertama, The Dreamers (atas), didedikasikan untuk para visioner yang memanifestasikan ide eksplorasi antariksa, seperti Leonardo da Vinci, Jules Verne, H. G. Wells, Chelsey Bonestell dan Robert McCall. Galeri berikutnya, Go Fever, mengedepankan peristiwa penting pengungkapan antariksa selama sejarah, yang dimulai dengan peluncuran Sputnik milik Soviet Union pada 1957. Galeri ketiga adalah Pioneers, yang mengingat kembali akan ilmuwan roket dan insinyur dari NASA. Galeri keempat Endurance (bawah) mendalami jatuh-bangun kehidupan seorang astronot. Galeri terakhir Innovation membawa kita kembali ke inti dari perjalanan antariksa: ide-ide dan teknologi baru.

luxuo-id-space-suits-in-endurance-gallery

Baju luar angkasa di galeri Endurance

Salah satu dari hal terdepan di eksibisi tersebut, adalah rekonstruksi skala penuh dari Space Shuttle ikonis NASA, dimana kru menghabiskan waktu mereka di luar angkasa. Pengunjung akan dapat melihat dek penerbangan dan merasakan hidup sebagai seorang astronot, secara langsung tentunya.

luxuo-id-spacecraft-lunar-module-adapter-access-hatch-l-and-apollo-lunar-module-crew-cabin-r

Tabung akses Spacecraft Lunar Module Adapter (Ki) dan kru kabin Apollo Lunar Module (Ka)

ArtScience Museum juga mengkomisikan sebuah proyek dari seniman Indonesia Venza Christ, berjudulkan Indonesia Space Science Society. Menampilkan pahatan sepanjang tiga meter dan soundtrack gelombang radio dari luar angkasa, instalasi multimedia ini menawarkan pengalaman luar biasa bagi panca indera.

luxuo-id-indonesia-space-science-society

Indonesia Space Science Society

Tampilan lainnya termasuk pengalaman kekuatan 2G dengan wahana G-Force Astronaut Trainer, sebuah corong hidung Jupiter yang diambil dari samudera, dan cuplikan film dari perjalanan Apollo 8, 12 dan 17.

luxuo-id-gemini-spacecraft

Pesawat ulang-alik Gemini

“Ini adalah benar-benar kesempatan sekali seumur hidup untuk melihat pesawat antariksa, roket, dan teknologi yang mengubah sejarah dan pemahaman kita akan semesta. NASA – A Human Adventure adalah eksibisi raksasa yang membawa pengunjung dalam perjalanan luar biasa melalui seabad petualangan antariksa manusia,” ujar Honor Harger, Direktur Eksekutif dari ArtScience Museum di Marina Bay Sands. “Bagi siapapun yang pernah bermimpi tentang Mars, musim ini adalah untuk Anda.”

Cerita ini juga tersedia dalam Bahasa Inggris. Baca di sini: NASA – A Human Adventure at ArtScience Museum


 
Back to top