Budaya / Seni Rupa

Penggalangan Dana Publik Wizard of Oz Meraih $300,000

Hanya membutuhkan tujuh hari untuk para penostalgia “Wizard of Oz” untuk menggalang lebih dari $300,000 dalam sebuah penggalangan dana untuk merestorasi sepatu ikonik Dorothy ke merah rubi yang menggelora.

03 Nov, 2016 | Oleh Luxuo
luxuo-id-wizardofoz

Sepatu merah rubi Dorothy di Wizard of Oz

Hanya membutuhkan tujuh hari untuk para penostalgia “Wizard of Oz” untuk menggalang lebih dari $300,000 dalam sebuah penggalangan dana untuk merestorasi sepatu ikonik Dorothy ke merah rubi yang menggelora.

Smithsonian’s Museum of American History AS, yang memiliki sepatu tersebut, melaporkan bahwa kampanye Kickstarternya telah berlangsung “over the rainbow”, pada Oktober.

Sepatu pumps berpayet tersebut populer setelah dipakai Judy Garland melompat-lompat di jalan berbata kuning di musikal tersebut tahun 1939, salah satu film berwarna pertama Hollywood. Dukungan untuk restorasi mereka “terbentang seluas enam benua dan 41 negara,” ujar museum tersebut dalam sebuah pernyataan.

Karena penggalangan dana tersebut siap untuk dilanjutkan, museum tersebut menyatakan “perpanjangan gol” sebesar $85,000 untuk membantu mengawetkan dan memamerkan kostum Scarecrow di film (dipakai oleh aktor Ray Bolger) dalam sebuah eksibisi yang akan dibuka tahun 2018.

Smithsonian Institution – yang mengawasi museum-museum dan pusat studi di dalam dan di dekat Washington – menerima dana pemerintah yang mendukung operasi intinya, namun dana tersebut tidak mencakup perbaikan sepatu tersebut. Institusi itu seringkali mengumpulkan donasi perusahaan atau pribadi untuk proyek di luar anggaran mereka.

Sepatu Dorothy, salah satu props paling ikonik dari film itu, hampir selalu dipajang di museum sejak mereka didonasikan secara anonim pada 1979. Konservator menyatakan bahwa sepatu tersebut mulai mengelupas, membuatnya menjadi berwarna coklat kepirangan ketimbang merah rubi mengkilap seperti selayaknya mereka dikenal.

Departemen props MGM Studio menciptakan sepatu tersebut dengan mengecat merah sepatu berhak rendah dan menempelkan jaring payet berwarna merah.

Kampanye Kickstarter ini adalah kali kedua bagi Smithsonian, setelah ia meraih $719,779 tahun lalu melalui penggalangan dana publik untuk mengawetkan baju antariksa Neil Armstrong.

“Mengundang publik untuk mendukung proyek ini memberikan pengunjung kami kesempatan untuk berperan aktif dalam preservasi dari Ruby Slipper,” ujar direktur museum John Gray. “Itu menciptakan pengertian yang lebih baik dari apa yang museum lakukan untuk memastikan bahwa harta nasional kita dijaga dan dipampang.”

Cerita ini juga tersedia dalam bahasa Inggris. Baca di sini: Wizard of Oz Crowdfunding Raises $300,000


 
Back to top