Budaya / Seni Rupa

Tate Modern Menghadirkan Koleksi Foto Elton John

“The Radical Eye: modernist photography from the Sir Elton John Collection” membawa beberapa karya terpilih tercetak diantara 1920 dan 1950 dari beberapa seniman avant-garde terkenal dari abad terakhir.

11 Nov, 2016 | Oleh Luxuo

luxuo-id-tate

Penggemar Sir Elton John akan dapat mengetahui salah satu minat tersembunyi penyanyi dan penulis lagu asal Inggris tersebut: fotografi modernist. Hanya beberapa yang mengetahui bahwa ia memulai koleksi personal pada 1991, berfokus pada seniman dan karya-karya dalam medium. Sejak itu, ia telah mengumpulkan beberapa ribu fotografi.

Setelah menjaga koleksi tersebut bagi pribadi bertahun-tahun, Sir Elton John setuju untuk membuka sebagian dari itu kepada publik di Tate Modern, London, selama eksibisi spesial.

The Radical Eye: modernist photography from the Sir Elton John Collection” membawa beberapa karya terpilih tercetak diantara 1920 dan 1950 dari beberapa seniman avant-garde terkenal dari abad terakhir.

luxuo-id-elton-john

Sir Elton John

Dari fotografi documenter hingga potret dan karya abstrak, koleksi John akan mendokumentasi evolusi fotografi selama bagian awal abad ke-20. Karya-karya terpilih tersebut akan diterbangkan dari berbagai properti penyanyi tersebut di seluruh dunia. Sejumlah totalnya, lebih dari 150 fotografi langka dan ikonik oleh lebih dari 60 seniman akan ditampilkan.

Highlight yang diantisipasi dari eksibisi termasuk potret dari ikon abad ke-20 Georgia O’Keeffe, Jean Cocteau, Igor Stravinski, André Breton, Henri Matisse dan Pablo Picasso, dan juga karya modernist mendobrak lainnya dari fotografer André Kertész, Man Ray, Berenice Abbot, Alexandr Rodchenko, dan Edward Steichen.

The Radical Eye collection will be displayed in the Tate Modern, barely six months after the London museum completed its major architectural renovation in June 2016. Those interested in the exhibition are invited to join the conversation on social media using the hashtag #RadicalEye.

Koleksi Radical Eye ini akan ditampilkan di Tate Modern, hanya enam bulan setelah museum London menyelesaikan renovasi arsitektur pada Juni 2016. Mereka yang tertarik pada eksibisi tersebut diundang untuk mengikuti percakapan dalam media sosial menggunakan tagar #RadicalEye.

The Radical Eye: modernist photography from the Sir Elton John Collection“, Tate Modern London, dari 10 Nov hingga 7 Mei, 2017.

Cerita ini juga tersedia dalam Bahasa Inggris. Baca di sini: Tate Modern Hosts Elton John Photo Collection 


 
Back to top