Budaya / Seni Rupa

Zaha Hadid Architects Mendesain Stadium Kayu

Zaha Hadid Architects (ZHA) memenangkan kompetisi untuk mendesain sebuah stadium untuk klub sepakbola berbasis Stoud, Forest Green Rovers, menjadikannya stadium pertama yang terbuat seluruhnya dari kayu. Proyek ZHA sebelumnya termasuk stadium Olympic Park di London dan stadium lainnya untuk World Cup 2022.

10 Nov, 2016 | Oleh Luxuo

luxuo-id-zaha

Zaha Hadid Architects (ZHA) memenangkan kompetisi untuk mendesain sebuah stadium untuk klub sepakbola berbasis Stoud, Forest Green Rovers, menjadikannya stadium pertama yang terbuat seluruhnya dari kayu. Firma arsitektur tersebut, terkenal akan desain inovatifnya, mengusulkan sebuah desain yang berfokus pada keberlanjutan. Hampir setiap elemen dari stadium terbuat dari kayu yang diambil secara bertanggung jawab, menurut direktur ZHA Jim Heverin. Proyek ZHA sebelumnya termasuk stadium Olympic Park di London dan stadium lainnya untuk World Cup 2022.

“Pentingnya kayu adalah tidak hanya ia tumbuh alami, ia memiliki karbon yang sangat rendah – paling rendah untuk material bangunan,” ujar Dale Vince, ketua Forest Green Rover dan pendiri perusahaan energi hijau Ecotricity.

“Dan ketika Anda berpikir bahwa sekitar tiga perempat dari dampak karbon dari stadium datang dari bahannya, dapat dilihat mengapa pertimbangan tersebut sangat penting.”

luxuo-id-zahahadid

Stadium dan “Eco Park” yang lebih besar memiliki serangkaian fasilitas olahraga bertujuan menjadi karbon-netral atau negatif, menurut Heverin, menggunakan generasi energi yang dapat diperbarui sebagai ukurannya.

Desain tersebut dimaksudkan untuk menjaga “kualitas pastoral” situs tersebut, menurut Heverin. Bertempat di tengah-tengah padang rumput, stadium tersebut adalah bagian dari proyek lebih besar yang dibayangkan oleh ZHA untuk membuat publik area baru dan fasilitas baru untuk kota Stroud. Proposal tersebut juga termasuk pembangunan dari reservasi alam dalam situs tersebut.

Atapnya akan tertutupi dalam membran transparan dimaksudkan untuk menumbuhkan tanah berumput selagi meminimalisir volume dari stadium di padang sekitarnya ketika terlihat dari kejauhan.

Untuk pertumbuhan masa depan klub tersebut, stadium tersebut telah didesain untuk mengakomodasi 5,000 pengunjung, dengan kemungkinan untuk perluasan sebesar 10,000 pengunjung.

Cerita ini juga tersedia dalam Bahasa Inggris. Baca di sini: Zaha Hadid Architects Design Timber Stadium 


 
Back to top