Daftar Termewah / Termewah & Termahal

Hidangan Islandia Mendapat Sokongan Turisme

Terdapat dengungan rendah yang berkembang di dunia makanan yang mulai memperhatikan bakat kuliner Islandia, yang berpopulasi 332,000. Adalah dengungan yang membesar suaranya dengan penunjukkan Gunnar Gislason asal Islandia sebagai chef kepala dari Agern, restoran baru dari Claus Meyer di Grand Central Terminal, salah satu dari pembukaan yang paling diantisipasi tahun ini.

05 Nov, 2016 | Oleh Luxuo
luxuo-id-kopar-restaurant-iceland

Restoran Kopar, Islandia

Terdapat dengungan rendah yang berkembang di dunia makanan yang mulai memperhatikan bakat kuliner Islandia, yang berpopulasi 332,000. Adalah dengungan yang membesar suaranya dengan penunjukkan Gunnar Gislason asal Islandia sebagai chef kepala dari Agern, restoran baru dari Claus Meyer di Grand Central Terminal, salah satu dari pembukaan yang paling diantisipasi tahun ini.

Restoran milik Gislason, Dill di Reykjavik dianggap sebagai salah satu contoh terbaik dari hidangan Islandia, sementara Meyer adalah pemikir dibalik Noma di Copenhagen.

Namun kembali di Islandia, terdapat juga dunia hidangan yang kuat didorong oleh jumlah pengunjung internasional yang bertambah, kampanye turisme yang cerdas, dan keingintahuan yang berkembang tentang negara tersebut yang pemandangan alam luar biasanya menjadi lokasi Game of Thrones, dan dimana Viking, yang teriakan perangnya mendapatkan kekaguman dunia.

Bagi banyak pengunjung Islandia, makanan cenderung tidak terpikirkan pertama kali di rencana perjalanan yang penuh petualangan, yang sering kali termasuk berjalan-jalan di glasier, mobil salju, panjat es dan mengendarai kuda.

Namun para chef seperti Gislason dan Ylfa Helgadotti dari restoran Kopar mulai menarik perhatian pada hidangan Islandia, yang telah berdiri lama di ujung pergerakan Nordic Baru, didominasi oleh Norwegia dan Denmark.

luxuo-id-kopar-restaurant-iceland

Risotto lobster dan kepiting di Kopar

Sabtu malam di Kopar, turis Amerika, Inggris dan Asia – beberapa dengan setelan makan malam, lainnya masih dalam sepatu bot pendakian dan baju hangat – memenuhi sebagian meja.

Menu ini dimaksudkan untuk membawa tamu melalui perjalanan hidangan dari daratan dan lautan. Atau diketahui juga, sebagai tanah akan api dan es.

Lidah cod bersalut tepung yang ternyata ringan dan lembut dihidangkan dengan krim keju bawang dan celupan lemon, sementara kerang manis dimasak ceviche dengan krim dil dan kaviar Islandia.

Senyuman Helgadottir terlihat di kampanye promosi terbaru turisme Islandia, Iceland Academy, sebuah seri video dibuat sebagai respons dari ledakan jumlah turis yang baru.

Sejak 2010, pertumbuhan tahunan akan kunjungan turis telah merata-rata sebanyak 22 persen – menakjubkan mengingat rata-rata global sebesar 3.5 persen diantara 2005 dan 2014.

Figur baru memperkirakan tambahan sebesar 29 persen pada jumlah pengunjung pada akhir 2016 dibandingkan 2015. Jumlah tersebut setara dengan 1.6 juta turis – atau hampir lima kali populasi negara tersebut.

luxuo-id-kopar_matur-restaurant-iceland

Kod Islandia bergaram, dengan quinoa, hazelnut panggang di Kopar

Mesin derek dan lubang konstruksi di tanah menjadi saksi akan kecepatan pembangunan di Reykjavik dimana hotel-hotel dibangun sangat cepat.

Serta menurut Google, Reykjavik adalah tema pencarian tercepat untuk kota-kota di sekeliling dunia pada July 25, dengan penduduk New York mengekspresikan minat tinggi.

Arus pengunjung berada dan pencari petualangan (baru-baru ini Gwyneth Paltrow adalah salah satunya) telah menginspirasi chef lokal untuk menjamu cita rasa canggih dan telah keluar dari keburukan reputasi fermentasi kepala hiu, dan kepala domba panggang.

Seperti ditunjukkan oleh Helgadottir di tutorialnya “How to eat like an Icelander,” Islandia memliki salah satu jangka hidup paling panjang sedunia, sebuah fakta yang sering ditunjukkan oleh kemurnian bahan. Daging tersebut didapatkan dari domba-domba yang berkeliaran bebas dan ikan segar yang ditangkap secara berkelanjutan.

Pada salah satu lokasi paling menarik baru di Reykjavik, Messinn, sepotong ikan plaice disajikan di penggorengan cast-iron yang digunakan untuk menggoreng, disajikan dengan kentang dengan mentega, capers dan tomat.

Di Hotel Ranga berbintang empat di Islandia Selatan, fillet domba berwarna pink digoreng pada pan dan dihadangkan diatas purée wortel dan krim kacang polong hijau.

Dan di Skyrgerðin, menunya menghormati salah satu tradisi menu tertua di Islandia, skyr, sebuah produk olahan susu yang dapat dideskripskan sebagai versi rendah-lemak dari yogurt Yunani.

Sebagai referensi dari hidangan Islandia di luar, tengok menu-menu dari restoran seperti Texture di London, Agern di New York, dan Dottir di Berlin.

Penulis merupakan tamu dari kantor turis Islandia Visit Islandia dan Icelandair, yang mana program Stopover Buddy memperbolehkan pengunjung untuk turut serta dalam kunjungan tujuh-malam dalam rute menuju destinasi tanpa biaya ekstra. Program ini juga memasangkan pengunjung dengan penduduk lokal yang akan menyediakan tur berbasis minat pengunjung.

Cerita ini juga tersedia dalam Bahasa Inggris. Baca di sini: Icelandic Cuisine Gets Tourism Boost


 
Back to top