Gaya / Arloji & Perhiasan

Blancpain Air Command merupakan lahirnya kembali kronograf Legendaris Angkatan Udara

Hilang selama dua dekade, tidak ada yang tahu apa yang terjadi dengan kronograf angkatan udara Blancpain Air Command yang asli hingga muncul kembali selama Krisis Quartz ke tangan beberapa kolektor cerdik saat ini, dengan dikeluarkannya kembali 500 edisi terbatas yang asli.

05 Jul, 2019 | Oleh Amir Syarifuddin

Berbicara tentang kronograf angkatan udara, Blancpain Air Command merupakan salah satu jam tangan pilot vintage yang paling langka dan paling dicari. Menurut sejarahnya, mitos dan legenda seputar keaslian Air Command menambah daya tarik baik untuk model awal dan kronograf angkatan udara keluaran terbaru 2019. Tidak ada dokumentasi resmi yang pernah ditemukan mengenai Blancpain Air Command tetapi dari catatan Le Brassus yang dapat ditemukan, kita tahu bahwa model tersebut tidak pernah diproduksi atau dijual secara seri. Ketika Kementerian Pertahanan Prancis mulai mengajukan permintaan untuk kronograf flyback berpresisi tinggi pada 1950-an,  hal ini memicu model baru kronograf angkatan udara seperti Tipe XX. Pada saat itu, Blancpain sudah bekerja dengan Angkatan Laut AS dengan arloji Fifty Fathoms milspec sehingga mereka mengambil inspirasi dari modelnya untuk edisi kronograf Angkatan Udara AS. Beberapa korespondensi menunjukkan bahwa kronograf penerbangan ditawarkan kepada USAF melalui distributor AS mereka, Allen V. Tornek, tetapi tidak ada pesanan yang diminta Air Command, hal ini menjadi alasan mengapa kronograf militer tidak pernah diproduksi. Dapat dikatakan, beberapa lusin prototipe disimpan dan tidak pernah terlihat lagi, sampai Krisis Quartz, ketika merek ini mulai menjual beberapa intelektual propertinya untuk tetap bertahan, termasuk sebagian kecil dari edisi asli kronograf Air Command di mana beberapa barang langka akhirnya berhasil sampai ke tangan kolektor yang cerdik.

Blancpain Air Command Baru merupakan lahirnya kembali kronograf Legendaris Angkatan Udara

Dengan tebal dan lebih besar (untuk zaman ini) 42mm, Air Command dilengkapi dengan Valjoux berkaliber 222 yang menampilkan fungsi fly back. Dengan model yang sama, baru-baru ini dilelang di Philips & Blackbird: pelelangan Sports di Hong Kong pada 27 Mei 2019, diperkirakan berharga US$50,000 hingga US$100,000. Blancpain Air Command vintage akhirnya dijual pada harga US$144,000, hampir 50% lebih tinggi dari harga perkiraan pemesanan.

Pada tahun 2019, Blancpain mengeluarkan edisi lama dari Air Command yang melegenda ini sebanyak 500 buah, sebuah perayaan dari sebagian kecil dari sejarahnya. Kronograf angkatan udara terbaru Blancpain merupakan karya asli dan autentik. Dilengkapi dengan bezel putar “penghitungan mundur”, kronograf Air Command terbaru memungkinkan pembacaan waktu yang tepat ketika cadangan bahan bakar tidak lagi cukup untuk pesawat melanjutkan lintasannya ketika bezel diatur sebelum lepas landas. Sementara aplikasi tipe faux-patina atau “radium tua” Super-LumiNova terdapat skala waktu pada bezel, serta penanda dan jarum jam, dapat menambahkan atau menghilangkannya tergantung selera anda, hal tersebut menambah pesona vintage pada Blancpain Air Command 2019 berkat rona oranye dari indikasi kronograf asli. Seperti kronograf angkatan udara, Edisi Terbatas Air Command yang baru menghasilkan jumlah 30 menit pada pukul 3 dan penghitung 12 jam pada jam 9, sementara skala tachymeter yang berjalan di sekitar bagian ring menunjukkan kecepatan berdasarkan pada jarak 1,000 meter.

Untuk memperluas area baca informasi dan menonjolkan sifat mewah dari pemilik jam, Blancpain telah meningkatkan tampilan dibandingkan dengan model aslinya. Wajah Air Command baru dilindungi oleh kristal kotak safir, karakteristik khas jam tangan ini juga muncul di bagian belakang arloji ini pertama kali untuk Blancpain. Casing baja berdiameter 42,5 mm dengan menampilkan gerakan bagian snail yang secara khusus dihiasi dengan emas merah yang berosilasi berbentuk baling-baling yang berlawanan.

Sebagai pengganti Valjoux 222, Blancpain Air Command terbaru ditenagai oleh gerakan F388B, dengan tinggi frekuensi 5 Hz sangat cocok untuk disesuaikan dengan spesifikasi militernya sehingga memungkinkan pengukuran presisi hingga interval sepuluh detik. Keuntungan lain dari gerakan F388B adalah kopling vertikal yang memberikan jarum detik kronograf dengan start yang lancar, serta fungsi stop and start yang sangat mudah. Penggeraknya terasa halus seperti mentega berkat sistem roda kolomnya. Kronograf Air Command edisi terbatas yang terdiri dari 500 buah ini membuatnya masuk ke dalam koleksi merek modern, menyalakan kembali semangat angkatan udara tahun 1950-an dan warisan Le Brassus Manufacture.

Harga dan Spesifikasi Air Command 2019

Gerakan Automatic Calibre F388B dengan cadangan daya 50 jam

Case stainless steel 42mm dengan ketahanan air 100 meter

Tali Kulit

Harga CHF 18,500


 
Back to top