Gaya / Arloji & Perhiasan

Zenith merayakan hari ulang tahunnya yang ke-50 dengan El Primero

Sebagai tonggak sejarah 50 tahun keistimewaan El Primero, Zenith menyuguhkan trinitas penawaran istimewa dan kilasan masa depan yang cemerlang.

19 Jul, 2019 | Oleh Amir Syarifuddin

10 Januari 1969 adalah tanggal penting bagi jam tangan kronograf yang paling terkenal, Zenith El Primero (“yang pertama” dalam bahasa Spanyol) memulai debutnya sebagai kronograf otomatis pertama di dunia. Dan pencapaian prestasi arlogi ini didukung dengan kemampuan berdetak pada frekuensi tinggi 36000vph.

MENJAWAB TANTANGAN

Mengapa Zenith menciptakan El Primero?

Pada tahun 1960an saat kompetisi di dunia pembuatan arloji mengarah kepada gerakan dengan frekuensi tinggi dalam sebuah upaya menemukan gerakan yang lebih akurat dan tahan lama. Upaya-upaya Zenith akhirnya berhasil saat kondisi pasar sedang sangat kompetitif, ketika itu, Zenith (yang berkolaborasi dengan Movado), Seiko, dan kelompok Kronomatik, yang terdiri atas Hamilton-Buren, Breitling, Heuer, dan Dubois Dépraz, semuanya bersaing untuk membuat kronograf otomatis pertama. Setelah pertarungan sengit itu, Zenith-Movado mengalahkan merek-merek lainnya dan berhasil meluncurkan El Primero. Dan El Primero ini merupakan knorograf dengan kemampuan berdetak yang tinggi.

ERA KUARSA DAN SETELAHNYA

Pada tahun 1974, di puncak era arloji kuarsa, arloji mekanik kehilangan banyak penggemar dan Zenith mengalami perlambatan produksi. Perusahaan ini perlahan mulai membuang alat-alat dan mesin untuk membuat El Primero. Namun, Charles Vermot, seorang pembuat jam tangan di Zenith, memutuskan untuk menyelamatkan komponen terpenting dari produksi jam tersebut secara diam-diam.

Memang, tindakan yang menguntungkan, karena sekali lagi hal ini memungkinkan Zenith, pada saat yang genting, memproduksi kronograf El Primero pada tahun 1988 saat mereka menerima pesanan dari penggemar mereka. Tindakan itu sendiri memastikan kelangsungan hidup perusahaan dan untuk itu kami berterima kasih pada Vermot. Sejak saat itu, perusahaan berkembang semakin pesat, sekali lagi menciptakan jam tangan Zenith El Primero baru sebagai Chronomaster pertama pada tahun 2003 dan Zenith Defy 21 El Primero pada tahun 2017.

PERAYAAN KOTAK TRIO

Melaju cepat ke tahun 2019 dan Zenith El Primero merayakan ulang tahunnya yang ke-50. Dalam momen penting ini, Zenith menampilkan sebuah set trio perayaan yang unik dengan tiga arloji spesial di dalamnya.

Masing-masing arloji hanya tersedia dalam 50 edisi terbatas dan setelah menerimanya, para pemilik pertama-tama akan terfokus pada tutup kotak berbahan satin berwarna brushed abu-abu yang dilengkapi layar sentuh bawaan. Di dalamnya, mereka akan melihat sebuah miniatur meja kerja pembuat jam tangan dan bermacam-macam item seperti mekanisme jam tangan yang terpasang pada sebuah sistem pencahayaan yang mudah diatur, kaca pembesar, dan obeng yang ditandatangani.

Item lain yang tersimpan dalam kotak ini adalah sebuah jasad asli bridge roda kopling kronograf dari gerakan El Primero. Keistimewaan dari item ini adalah jika sang pemilik yang beruntung ini, mengunjungi Pabrik Le Locle Zenith, ia akan menerima dua buah bridge roda kopling yang akan diukir tangan. Si pemilik kemudian dapat membawa pulang salah satu dari bridge tersebut ini dan yang satunya akan diukir dengan nam pemilik sebelum dipajang di dinding pintu masuk loteng Charles Vermot.

Terlepas dari hak istimewa ini, si pemilik juga akan menyadari bahwa ada ruang tersisa di dalam kotak untuk menyimpan jam tangan lain-mungkin sebagai tanda kehadiran Zenith El Primero yang akan datang, dengan kemampuan menghitung waktu 1/1000 detik.

KRONOMASTER BARU

Arloji pertama dari set perayaan adalah Zenith El Primero Chronomaster 2. Bisa jadi representasi terbaik dari El Primero kontemporer, Chronomaster 2 memancarkan kepribadiannya sendiri dengan tetap mempertahankan esensi dari El Primero asli.

Model ini dilengkapi dengan gerakan Zenith 3600, mampu berdetak hingga kecepatan tinggi yang mengesankan, 36000vph dan mampu mengukur hingga 1/10 detik dengan mudah. Karena model ini sebenarnya adalah versi kedua dari Chronomaster, yang telah ditingkatkan dengan fungsi peretas detik dan peningkatan cadangan daya dibandingkan pendahulunya. Selain itu, arloji ini kini telah ditingkatkan keandalan dan akurasinya. Tampilan sporty arloji ini dilengkapi dengan casing 42mm yang lebih besar dan bezel keramik yang berwarna semakin hitam.

GERAKAN Zenith El Primero 3600 kronograf otomatis dengan kecepatan 36000vph, mampu mengukur hingga 1/10 detik, penunjuk tanggal, dan cadangan daya 60 jam. Kronometer Bersertifikat; CASING Baja dengan diameter 42mm dan tahan air hingga 100m; DIAL Dial berpola sunray berwarna silver dengan tiga counter berwarna berbeda; STRAP Karet hitam dengan jahitan merah dan gesper lipat baja ganda

TAHAP SELANJUTNYA

Mengagumi set perayaan ini berarti merayakan masa depan Zenith yang menjanjikan. Oleh karena itu, tampilan trilogi jam tangan ini melambangkan masa depan Zenith dan El Primero.

Arloji ini adalah Zenith Defy El Primero 21. Seperti diketahui, Defy El Primero adalah interpretasi ultra-modern kontemporer dari El Primero asli. Hadir dengan case titanium 44mm yang lebih dominan, dial arloji telah dibuat transparan untuk memamerkan gerakan revolusioner pada pergerakan dalamnya.

Gerakan 9004 memiliki dua escapement, yang satu berfungsi sebagai berdetak hingga 36000vph dan yang lainnya untuk mekanisme kronograf pada frekuensi 360000vph. Fungsi yang terakhir memungkinkan arloji untuk memiliki kemampuan memukau untuk mengukur dan menampilkan waktu secara akurat hingga 1/100 detik.

GERAKAN Zenith El Primero 9004 kronograf otomatis dengan 36000vph, kemampuan untuk mengukur hingga 1/100 detik dan cadangan daya 50 jam. Kronometer Bersertifikat; CASING Baja dengan diameter 44mm dan tahan air hingga 100m; DIAL Openworked dengan tiga counter berbeda warna; STRAP Karet hitam dengan lapisan kulit buaya hitam dan gesper lipat titanium ganda.

 KEBANGKITAN

 Seperti yang kita ketahui tentang sejarah gemilang Zenith, memang tepat, jika dalam set kotak perayaan 50 tahun, bersemayam sebuah kebangkitan Zenith El Primero A386 yang asli. Sesungguhnya, untuk pertama kalinya sejak kelahiran ikon asli itu, Zenith belum benar-benar pernah membuat ulang jam tersebut. Namun, para kolektor yang berambisi akan senang jika di dalam kotak set terdapat edisi ulang yang sempurna dari kronograf yang paling terkenal.

Untuk mencapai prestasi tersebut, komponen-komponen asli dari museum dipindai dengan laser. Semua dimensi dan estetika telah direplikasi-arloji ini hadir dengan spesifikasi yang sama persis, case baja berlengkung kristal berukuran 38mm, bentuk case, pusher, counter tiga warna, penanda tangan dan jam serta skala tachymeter dan huruf yang dicetak, hingga sejarah dari tali kulit yang akurat .

Satu-satunya perbedaan adalah pemasangan case safir bagian belakang (aslinya memiliki case bagian belakang yang solid) dan logo mahkota yang baru. Tentu saja, secara internal, arloji ini ditenagai oleh versi terbaru dari gerakan kronograf roda-kolom El Primero yang asli.

TAHAP SELANJUTNYA

 Terlepas dari kehadiran A386 Revival in stell di dalam set ini, Zenith juga menciptakan tiga versi jam tangan berbahan logam mulia. Jam tangan Ini dibuat dalam casing berwarna emas putih, kuning, dan merah secara berurutan dan bukan bagian dari set tersebut. Sementara dimensi dan spesifikasinya tetap sama dengan versi steel, model-model ini diluncurkan dalam koleksi terbatas masing-masing sejumlah 50-buah dan yang diberikan garansi memukai, 50 tahun oleh Zenith.

GERAKAN Zenith El Primero 400 kronograf otomatis dengan 36000vph, penunjuk tanggal, dan cadangan daya 50 jam; Casing Casing 1969 asli dengan diameter steel 38mm / emas kuning / emas merah / emas putih dan tahan air hingga 100m; DIAL dial berpernis  putih; STRAP Buaya dengan lapisan karet pelindung dan gesper pin yang serasi

Temukan selengkapnya tentang jam tangan Zenith disini.


 
Back to top