Motoring / Otomotif

Lotus Elise Race 250 Pecahkan Rekor Catatan Waktu

Inilah Lotus Elise Balap 250, mobil baru yang telah mengalahkan catatan waktu mobil pelanggan perusahaan Lotus di sirkuitnya sendiri.

03 Sep, 2016 | Oleh Luxuo

Lotus Elise Balap 250 Pecahkan Rekor Catatan Waktu

Inilah Lotus Elise Balap 250, mobil baru yang telah mengalahkan catatan waktu mobil pelanggan perusahaan Lotus di sirkuitnya sendiri. Bersamaan dengan ulang tahun ke-50 pabrik Hethel, Norfolk yang terkenal, Lotus telah melahirkan Elise Race 250, mobil yang digambarkan sebagai mobil balap terbaik sejak peluncuran model ini tahun 1996.

Elise Balap 250 mampu mengungguli kecepatan Elise Cup 220 R, dengan catatan waktu 1 menit 33,5 detik, yang merupakan putaran tercepat mobil pelanggan berdasar Elise yang pernah dihasilkan perusahaan ini.

“Lotus didirikan untuk membangun mobil balap dan dengan pengalaman 68 tahun, tidak ada yang lebih tahu soal kinerja mesin terbaik daripada kami. The Elise Race 250 adalah yang tercepat, Elise yang paling terfokus yang pernah kita produksi dan, menilai dari apa kita capai di trek, mobil ini tampaknya akan menjadi favorit pembalap kami di seluruh dunia,” kata Jean-Marc Gales, CEO Group Lotus plc

Untuk membuat Race 250 tampil sangat baik di lintasan namun masih tetap layak untuk ikut seri balap FIA seluruh dunia, Lotus beralih ke penghematan berat ketimbang modifikasi mesin. Sekarang, mobil yang memiliki mesin empat silinder, 1.8-liter, dengan supercharged 243hp selaras dengan transmisi manual enam kecepatan ini sudah akrab dengan pengemudi. Mobil dengan berat di bawah 900 kg (yaitu, ketika cairan dan bahan bakar kosong) memilki daya yang lebih dari cukup.

Untuk mendapatkan berat yang begitu rendah, misalnya seperti Elise Cup 250 dengan berat 931kg, segalanya dari rangka aluminium hingga aki telah dirombak ulang untuk memotong beban yang tidak perlu. Komponen lainnya adalah kursi dari serat karbon, velg tempa dari logam campuran yang sangat ringan dan lampu depan diganti dengan panel kosong.

Lotus juga menambahkan beberapa kelengkapan serius. Seperti paket aero serius yang menghasilkan hingga downforce sebesar 155kg mobil melaju di kecepatan tertinggi, yaitu 248km / jam.

Mobil ini juga memiliki batang kekang A-Frame yang sesuai dengan regulasi FIA, kerangka penguat, sistem pemadam kebakaran, lubang penarik (depan dan belakang) dan sistem isolator baterai ketika terjadi kebakaran.

Pemilik pun dapat menyetel pengaturan mobil sesuai dengan kondisi sirkuit, atau hanya gaya mengemudi. Batang kekang depan dapat disetel ulang, seperti juga peredam nitron dan pegas bergelung koaksial Eibach. Sentuhan terakhirnya adalah kaliper rem dengan piston ganda AP Racing di depan dan kaliper piston tunggal Brembo untuk pengereman.

Elise Balap 250 akan dibanderol £ 53.500 di Inggris dan $ 76.200 (tidak termasuk pajak daerah) di AS.


 
Back to top