Properti / Real Estat

Zaha Hadid Architects untuk Infinitus Plaza Guangzhou

Zaha Hadid Architects (ZHA) mengeluarkan tampak visual untuk Infinitus Plaza Guangzhou di upacara peletakan batu pertama bangunan tersebut.

01 Des, 2016 | Oleh Luxuo

luxuo-id-zaha_infinitus-front

Zaha Hadid Architects (ZHA) mengeluarkan tampak visual untuk Infinitus Plaza Guangzhou di upacara peletakan batu pertama bangunan tersebut.

Kompleks sebesar 167,000 hektar persegi mendatang didesain oleh almarhumah Zaha Hadid, arsitek wanita pertama yang dianugerahi Pritzker Prize. Satoshi Ohashi, direktur kantor Cina dari firma tersebut, menjelaskan bahwa ia telah mendesain bangunan tersebut “dengan konsep integrasi, konektivitas dan keluwesan.”

Bangunan setinggi delapan lantai itu terbagi menjadi dua bagian, menyambung satu sama lain dengan jembatan langit. Kurva dan gelombang tetap menjadi ciri khas dari bangunan karya Zaha Hadid. Orang dapat melihatnya sebagai sebuah seri cincin bertumpuk. Ketika dilihat dari atas, plaza tersebut membentuk simbol abadi – seperti yang digambarkan ‘Infinitus’ oleh namanya.

luxuo-id-zaha_infinitus-front-up

Guangzhou Infinitus Plaza oleh Zaha Hadid Architects © Zaha Hadid Architects

Infinitus Plaza Guangzhou didesain sebagai gerbang dari Pusat Distrik Bisnis Baiyun yang baru, yang akan berkedudukan di bekas lokasi bandara Guangzhou. Terdapat enam komunitas yang akan dibangun di sekitar area tersebut.

Studio ini menggunakan “sistem unitized insulated glazing” untuk memaksimalkan cahaya alami di dalam bangunan dan membantu mengurangi kehilangan energi. Layar aluminium berlubang-lubang akan melindungi yang di dalam dari sinar matahari langsung serta menangkap air hujan. Sensor-sensor akan memonitor kondisi cuaca, penggunaan energi dan cahaya untuk memastikan efisiensi dan penyimpanan tenaga.

Bangunan ini diharapkan untuk selesai pada kuarter kedua tahun 2020.

luxuo-id-zaha_infinitus-above

Guangzhou Infinitus Plaza oleh Zaha Hadid Architects © Zaha Hadid Architects

Zaha Hadid meninggal dunia karena serangan jantung di Miami pada Maret 2016. Ia merupakan figur kunci dari arsitektur abad ke-20. Terlahir pada 1950 di Baghdad, Irak, Hadid merupakan wanita pertama yang dianugerahi Pritzker Architecture Prize, salah satu yang paling prestisius dalam profesi tersebut. Ia juga merupakan wanita pertama yang menerima Royal Gold Medal dari the Royal Institute of British Architects.

Cerita ini juga tersedia dalam Bahasa Inggris. Baca di sini: Zaha Hadid Architects for Guangzhou Infinitus Plaza 


 
Back to top