Budaya / Seni Rupa

Ikon Seni Modern: Koleksi Shchukin Mengunjungi Paris

Fondation Louis Vuitton di Paris akan mengadakan eksibisi yang memamerkan karya-karya dari koleksi Sergei Shchukin, sebagai bagian dari Perancis-Rusia Tahun Turisme Budaya. “Icons of Modern Art. The Shchuckin Collection” akan dimulai dari  22 Oktober 2016 sampai 20 Februari 2017, di Fondation Louis Vuitton di Paris, Perancis. Shchukin adalah pendukung dan kolektor seni Perancis terkenal di […]

06 Okt, 2016 | Oleh Luxuo
luxuo-id-031016-shchukin

Koleksi Shchukin

Fondation Louis Vuitton di Paris akan mengadakan eksibisi yang memamerkan karya-karya dari koleksi Sergei Shchukin, sebagai bagian dari Perancis-Rusia Tahun Turisme Budaya. “Icons of Modern Art. The Shchuckin Collection” akan dimulai dari  22 Oktober 2016 sampai 20 Februari 2017, di Fondation Louis Vuitton di Paris, Perancis.

Shchukin adalah pendukung dan kolektor seni Perancis terkenal di awal abad ke-20. Pebisnis Rusia ini mulai berhubungan dengan pedagang benda seni tahun 1898, berawal dari Paul Durand-Ruel dan Ambroise Vollard, kemudian Berthe Weill, Eugène Druet, Clovis Sagot, Georges Bernheim serta Daniel Henry-Kahnweiler. Selera dan perolehan Shchukin juga dipengaruhi oleh hubungannya dengan seniman-seniman terkenal Henri Matisse dan Picasso. Di dalam eksibisinya, 130 karya dari para master Impressionist, Post-Impressionist dan Seni Modern akan terpampang, kesemuanya adalah dari koleksi Shchulkin. Termasuk juga ditampilkan karya-karya Monet, Cézanne, Gauguin, Rousseau, Derain, Matisse dan Picasso, juga Degas, Renoir, Toulouse-Lautrec serta Van Gogh.

Pameran ini akan mengeksplorasi pengaruh dari koleksi Shchulkin dalam perkembangan Cubo-Futurism, Suprematism and Constructivism. 30 karya tersebut bervariasi dari lukisan, kolase kertas, konstruksi, reliefs dan dua ukiran, termasuk item-item dari nama besar seni Rusia, seperti Malevich, Rodchenko, Larionov, Tatline, Popova dan Rozanova.

luxuo-id-031016-cezane

Paul Cézanne, “Man Smoking a Pipe,” 1890-1892.
© Courtesy Musée d’Etat des Beaux-Arts Pouchkine, Moscou
ICÔNES DE L’ART MODERNE. LA COLLECTION CHTCHOUKINE

Tahun Turisme Budaya Perancis-Rusia diluncurkan pada 4 April 2016. Mereka bertujuan untuk meningkatkan pertukaran pengunjung dari dua negara tersebut, mempromosikan potensi turisme dari wilayah yang kurang dikunjungi oleh publik dan terutama tentang warisan budayanya.

Eksibisi Fondation Louis Vuitton akan disertai oleh sekumpulan event, termasuk penampilan tari dan musik, yang mengedepankan dialog artistik antara Perancis dan Rusia diawal abad ke-20.

Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di www.fondationlouisvuitton.fr/

luxuo-id-031016-monet

Claude Monet, “Luncheon on the Grass,” 1866.
© Courtesy Musée d’Etat des Beaux-Arts Pouchkine, Moscou
ICÔNES DE L’ART MODERNE. LA COLLECTION CHTCHOUKINE

Cerita ini juga tersedia dalam bahasa Inggris. Baca di sini: Modern Art Icons: Shchukin Collection Visits Paris 

 


 
Back to top