Gaya / Arloji and Perhiasan

TAG Heuer Carrera 2020 Baru: Koleksi yang Paling Mendekati Carrera 1963 Orisinal

Merayakan momen penting peringatan ulang tahun ke-160, diikuti dengan introspeksi diri. Jam tangan TAG Heuer Carrera Chronograph baru kembali melacak perjalanan Carrera orisinal

13 Okt, 2020 | Oleh Rai Rahman

Stacked from 22 images. Method=C (S=4)

Selalu ada sesuatu terkait ulang tahun. Ini adalah hari khusus, hari istimewa, dan ini juga adalah waktu untuk refleksi beranjak dewasa. Merayakan momen penting peringatan ulang tahun ke 160 juga  menjadi saat introspeksi diri. Pendekatan TAG Heuer pada momen yang begitu penting ini ditandai dengan peluncuran produk baru untuk era baru: Carrera Chronograph 2020. Mengikuti jejak pendahulunya, tetapi tidak mengulang perjalanan Jack Heuer muda dan lompatan inspirasinya bersama Heuer Carreras di 1960-an.

Untuk para kolektor veteran dengan ingatan akan koleksi Heuer Carreras vintage, estetika yang diusungnya dapat dikatakan cukup mirip. Sebagai produk keturunan turun-temurun dari aslinya tetapi juga menjadi pendatang baru, ini adalah kesempatan besar untuk memahami asal-usul “OG” Carrera serta melihat bagaimana model tersebut berkembang selama beberapa dekade. Sederhananya, TAG Heuer Carrera Chronograph 2020 yang baru adalah produk pada zamannya – cukup modern, dan mencerminkan estetika kontemporer sembari tetap sangat menghormati warisannya sehingga tidak dianggap sinis sebagai “pengulangan dari produk yang sudah ada”.

Stacked from 5 images. Method=B (R=8,S=4)

TAG Heuer Carrera 2020 Baru: Koleksi yang Paling Mendekati Carrera 1963 Orisinal

TAG Heuer Carrera dalam banyak hal merupakan jam tangan klasik TAG Heuer. Semuanya dimulai dari Heuer Carrera yang diperkenalkan pada tahun 1963 oleh Jack Heuer, dan merupakan ironi bersejarah yang mengesankan bahwa untuk label atas nama tersebut (dan kronograf andalan), Carrera dihentikan Heuer pada awal 1980-an. Pengenalan Carrera adalah momen yang menentukan bagi Heuer Leonidas, S.A. dan generasi berikutnya, serta presiden masa depannya, Jack Heuer.

Mengikuti tradisi pembuatan jam pada zaman itu, koleksi Heuer awalnya dikenal (seperti banyak produk lainnya) dengan nomor referensi mereka. Carrera, dahulunya kemungkinan besar adalah jam tangan “gaya hidup” pertama, dan diperkenalkan kembali sebagai koleksi dasar dari label tersebut. Ini menjadi incaran bagi kolektor yang dulunya dikenalkan pada level awal merek Aquaracer di saat remaja.

Stacked from 5 images. Method=B (R=8,S=4)

Potret Heuer Carrera Modern

 Pada 2010, TAG Heuer mengenalkan Calibre 1887 Carrera Chronograph. Lima tahun kemudian, mereka meluncurkan Heuer 01 Carrera Chronograph, dan tahun ini, referensi dikembangkan lewat dua model lainnya – Carrera Sport Chronograph di bulan Juli dan menyusul hari ini Carrera Chronograph 2020. Meskipun sulit untuk menghilangkan konteks Carrera Sport Chronograph dan 2020 Carrera Chronograph dengan cara apa pun, anggap saja untuk kolektor rata-rata, perbedaan utamanya adalah berkurangnya bezel tachymetre, dan varian sport, sementara Carrera Chronograph yang disodorkan kali ini, lebih mendekati kemiripan estetika pendahulunya.

Di situlah letak kecanggihan elegan dari TAG Heuer Carrera yang ditafsirkan ulang ini. Bagian bezel baja tahan karatnya yang ramping dirancang tanpa skala tachymeter sesuai dengan dial perak Heuer Carrera yang awalnya diluncurkan pada tahun 1963 (dan kemudian diterbitkan kembali sebagai edisi terbatas tepat setelah Dubai Watch Week LVMH perdana).

Tersedia dalam warna opaline black atau sunray brushed blue, antrasit dan perak, dial jam tangan ini memiliki fitur subdial “azurage” pada pukul 3 dan 9, serta penghitung detik kecil pada pukul 6 di atas tanggal. Jantung dari TAG Heuer Carrera Chronograph 2020 baru ini adalah Calibre Heuer 02 yang diusungnya.

Model dengan pelat jam hitam dan biru dilengkapi dengan tali jam baja tahan karat berbentuk H. Sudut tautan luar dan dalam dibuat melengkung untuk tampilan yang lebih mulus dan tali jam lebih tipis untuk meningkatkan kenyamanan. Versi bicoloured dengan dial berwarna perak dan tangan berlapis rose-gold, dan model dial antrasit dipasangkan dengan tali jam kulit aligator cokelat yang menawan. Case belakang hadir dengan safir yang disekrup memberikan tampilan mengesankan dari movement inovatif di dalamnya, dan makin eksklusif berkat oscillating mass berwarna rose-gold.

Harga dan Spek Heuer Carrera Chronograph 2020

Movement Automatic Calibre Heuer 02 dengan 80 jam power-reserve

Case 42mm stainless steel dengan 100 meter tahan air

Strap gelang atau kulit

Harga 5,550 USD (sekitar 81,5 juta rupiah)

Tersedia dari Oktober 2020


 
Back to top